Wuling Confero 2019

Wuling Confero 2019

Wuling adalah fenomena. Terlepas fakta bahwa penjualannya belum meledak, namun brand asal China ini mampu merebut perhatian para warganet Indonesia. Di sini, Wuling menawarkan dua produk, Wuling Confero dan Wuling Cortez dengan senjata andalan berupa value for money. Jika Wuling Confero dijual di rentang harga Toyota Calya-Daihatsu Sigra, namun menawarkan fasilitas setara Toyota Avanza. Maka Wuling Cortez menghadirkan kemewahan Toyota Kijang Innova di harga Avanza.

Di negara asalnya, Wuling Confero S dikenal dengan nama Wuling Hongguang. Sebagai proyek bersama Shanghai Automotive Industry Corporation, Liuzhou Wuling Motors Co and GM China (atau dikenal dengan SAIC-GM-Wuling), Hongguang cukup menggigit dengan menjadi kendaraan paling laris selama empat bulan pada 2014.

Bisa dibilang, Wuling membaca ada yang kurang dari desain serta tampilan luar Confero generasi sebelumnya. Karena itu, ada banyak peningkatan dan perubahan fitur yang membuat New Confero 2019 terasa lebih modern dan sedap dipandang mata. Berbeda dari Confero S yang dijual di Indonesia, bagian depan dan pintu belakang terlihat lebih rapi.

Bagian depan masih menunjukan logo lima berlian berbentuk sayap khas Wuling dengan perubahan garis horizontal terpotong di samping logo, membuat perhatian lebih fokus kepada logo. Tidak ada lagi gril sarang lebah, namun diganti garis kotak yang lebih kokoh dan tegas. Wuling sendiri menyebutkan bagian depan New Confero 2019 lebih gagah dibandingkan versi generasi terdahulunya.

Modernisasi tampak pada desain lampu dan bumper. Tampil dengan bentuk yang lebih modern, Wuling menunjukan perubahan pada bagian depan. Dengan wajah depan lebih tajam dipadu lampu depan dengan kesan tegas generasi terbaru Confero bisa dibilang membaik secara desain.

Bagian samping bodi mengandalkan garis lurus yang menghubungkan lampu depan dengan lampu belakang. Perubahan juga ditampilkan dengan adanya optimisasi switch door yang memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses pintu masuk.

Terlihat perbedaan yang mendasar dalam lampu belakang LMPV yang dijual di Cina dibandingkan versi yang dijual di Indonesia. Lampu belakang dibawa lebih ke tepi sehingga membuat pintu belakang lebih rapi. Tidak ada aksen lampu belakang yang disematkan pada pintu bagasi belakang yang semuanya dipindahkan ke sisi bodi samping belakang.

Wuling memberikan peningkatan lebih banyak pada bagian dalam New Confero 2019. Salah satunya bagian ruang penyimpangan yang mudah dijangkau. Jika ditotal, ada 22 ruang untuk meletakkan barang di dalam mobil, termasuk pada bagasi belakang. Roof rails juga masih ada di sisi atas, sama dengan generasi terdahulu, sedangkan spoiler ditambah wiper belakang masih diberikan.

Berpaling ke desain dasbor, tampak Wuling sedang mencoba memberikan tema minimalis pada generasi terbaru yang lebih modern dan terlihat lebih mulus. Dibandingkan desain terdahulunya yang penuh dengan berbagai tombol dan fitur, generasi baru mendapatkan sentuhan minimalis dengan layar sentuh 8 inci.

Bagian kursi mendapatkan perubahan dalam segi kenyamanan berkendara. Semua varian Confero 2019 akan mendapatkan desain 7 kursi yang bisa digunakan untuk tiga orang penumpang di belakang. Kursi baris kedua juga telah diperlebar dengan stroke meningkat dan ruang kaki lebih lega dibandingkan generasi sebelumnya.

Kursi depan mendapatkan motif dan bentuk baru ditambah taburan warna beige, kemungkinan merupakan kulit sintesis, sama seperti versi Indonesianya. Selain itu, kelebihan kursi penumpang New Wuling 2019 adalah dipasangnya bangku model captain seat untuk menambah kenyamanan penumpang selama berkendara.

Untuk mobil sekelas LMPV yang didesain untuk berkendara bersama keluarga, Wuling memang menawarkan desain kabin yang besar serta bagasi luas. Dengan tagline “use as much as you like”, Anda bisa mendapatkan ruang yang lebih besar untuk barang-barang di belakang dengan melipat kursi di baris ketiga.

Mendapatkan sedikit peningkatan pada versi baru, di bawah layar infotainment terdapat tiga dial AC serta colokan USB di sisi bawah. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi jika kehabisan baterai saat berada di dalam perjalanan. AC juga sudah memiliki heater untuk menghangatkan kabin saat musim hujan melanda.

Confero masing memberikan beberapa fitur keamanan aktif untuk menjaga Anda selama berkendara. Diantaranya ABS + EBD, sensor parkir, reversing image, wiper belakang, ditambah dengan lampu depan LED yang lebih terang.

Di negara asalnya, harga Wuling All New Confero 2019 dipatok 52.800 Yuan untuk tipe standar (atau sekitar Rp115 juta) dan 55.800 yuan untuk tipe Comfort (sekitar Rp121 juta). Mengingat Wuling sudah memiliki pabrik di Cikarang yang mampu memproduksi hingga 120.000 unit per tahun, bisa dipastikan harga yang ditawarkan di Indonesia tidak terlalu jauh berbeda.

Wuling memang langsung tancap gas sebagai si anak baru yang memberikan dampak pasti – jika tidak ingin dibilang besar – terhadap perkembangan segmen LMPV di Indonesia. Masih harus mengalahkan lawan berat berupa Xpander dan dedengkot LMPV Tanah Air, Avanza, kehadiran generasi baru Confero diprediksi membuat Wuling tidak hanya menjadi penonton dalam persaingan segmen paling panas di Tanah Air.

Tampilan eksterior yang berubah lebih gagah ditambah bagian dalam yang menawarkan kenyamanan berkendara, Confero merupakan pilihan murah dan cukup berkualitas bersama keluarga. Didukung oleh dasbor yang terlihat lebih modern serta desain kursi yang lapang dan nyaman, New Confero 2019 layak mendapatkan perhatian lebih.

Mungkin Anda Menyukai