Volkswagen Golf Mk V GTI 2005

Volkswagen Golf Mk V GTI 2005

Pasar mobil Sport Hatchback memang selalu digandrungi oleh para kaula muda maupun para eksekutif. Kehadirannya pada tahun 2005 silam, mampu meraih kesuksesan dengan mulus, dikarenakan pesaingnya tidak begitu banyak kala itu. Bahkan nuansa eksteriornya terlihat bersolek lebih sporty dan modern, terutama pada fascia depan.

Hal paling menarik dapat dirasakan dari ketangguhan jantung pacunya yang memboyong tenaga turbo dikawinkan dengan kopling ganda Direct Shift Gearbox (DSG). Membuat mobil ini, tampil bukan hanya menawarkan tampilan sporty namun juga menyuguhkan performa berkelas. Memang tak dipungkiri, konsepnya sebagai mobil Hatchback bergaya sporty, dirancang dengan spesifikasi mumpuni yang dapat memacu Adrenaline Anda.

Seperti biasa kita mulai review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005 di sisi eksterior. Perlu Anda ketahui juga, makna GTI sejatinya banyak diaplikasikan dalam produk-produk lainnya. Namun secara filosofi, GTI sendiri memiliki makna mendalam bagi Volkswagen, yang diartikan sebagai Grand Turismo Injection oleh Rully Johan selaku PR Head of Division VW Indonesia.

Wajah generasi sebelumnya yang tampil santun dan serius, kini berubah lebih ceria sekaligus agresif. Hal ini dapat diamati dari perubahan gril horizontal konservatif menjadi model sarang tawon berwarna hitam, dengan strip merah. Sementara itu, alur gril jatuh ke arah bemper membentuk huruf V memberikan aksen Single-Frame.

Adapun untuk masalah pencahayaan, lampu depannya berukuran lebih besar yang dipadukan dengan Fog Lamps sehingga memberikan fungsi pencahayaan optimal. Adapun lampu kabutnya, dikemas dalam satu wadah bermodel Honey Comb, serasi dengan Front Bumper dan Front Grille-nya.

Terdapat satu sapuan aksen memanjang pada bodi sampingnya yang semakin memperkuat nuansa sporty pada mobil Hatchback ini. Adapun kaca spionnya dikemas apik dengan lampu sein serta warna seragam sesuai bodinya. Perubahan menarik juga dirasakan dari pelek 18-inci yang didesain sporty, cocok untuk selera kaula muda.

Menyisir bodi belakangnya, terdapat lampu Rear Combination yang dikemas dalam ukuran besar. Tentu model lampu tersebut, nampak menarik jika dilihat pada malam hari. Logo GTI dan Volkswagen juga disematkan pada bodi belakangnya dengan kelir merah, sebagai penegas identitas GTI dari generasi ke generasi.

Ketika memasuki ruang kabinnya, Anda disuguhkan tampilan dashboard berdesain minimalis dibalut warna hitam. Fitur hiburan juga terbilang cukup atraktif dalam mengusir rasa bosan selama menempuh perjalanan. Dari sisi tengah, terdapat formasi 2 blower dilanjutkan panel audio standar dan fitur penyejuk.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sektor kemudi Mk V menggunakan desain ala Racing. Hal ini dapat dirasakan dari panel Multi Information Display (MID) yang menggunakan 4 latar berbentuk bundar. Tentu dari panel tersebut, Anda juga bisa mengamati berbagai informasi terkini seputar kendaraan layaknya jarak tempuh, tingkat kecepatan, konsumsi bahan bakar serta informasi waktu.

Menyinggung aspek kursi, Volkswagen Golf Mk V menggunakan balutan material kulit berkualitas yang mampu memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara maupun penumpang. Adapun konsepnya sebagai Hot Hatchback mampu menampung hingga 5 orang sekaligus.

Kapasitas bagasinya yang berada di angka 350 Liter, menjadikannya mampu merangkap banyak kebutuhan masyarakat perkotaan. Jika diprediksi, daya tampungnya mampu mengangkut hingga 4 tas berukuran besar. Dengan kapasitas tersebut, Anda tak perlu khawatir untuk membawanya ke area piknik bersama keluarga maupun sahabat karib Anda.

Dari aspek keselamatan, terdapat teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) sebagai penunjang kemampuannya dalam melakukan manuver. Adapun teknologi tersebut, mampu memberikan sensasi pengereman yang empuk dan presisi.

Adapun dari segi hiburan, Volkswagen Golf Mk V GTI 2005 mengusung panel Head Unit berkonfigurasi standar. Hal ini masih dapat dimaklumi, mengingat zaman perilisannya panel Head Unit Touchscreen belum begitu diaplikasikan pada banyak model. Meski begitu, panel audio Mk V terbilang cukup menghibur yang mampu mengoperasikan musik serta radio dalam berbagai format.

Hal paling menarik menurut kami jatuh kepada operasi mesin Volkswagen Golf Mk V GTI 2005. Pasalnya, jantung pacunya mengandalkan mesin 2.0 Liter FSI Turbo layaknya bawaan A4. Bahkan ketika pedal gas rata dengan lantai, raungan Muffler dan siulan Turbo seakan memberi warna agresif bahwa ini bukan mobil sembarangan. Tak perlu menunggu semburan daya 197 Dk, akselerasinya dalam mencapai 100 Km/Jam ditempuh dalam waktu 6,9 detik saja.

Berbicara masalah harga Off The Road, ketika awal peluncurannya Volkswagen Golf Mk V GTI 2005 dibanderol Rp. 388 juta (3 Pintu) dan Rp. 393 juta (5 Pintu). Mengingat mobil ini sudah tidak dijual dalam kategori baru, Anda bisa mendapatkannya hanya dalam kategori bekas. Harganya terbilang terjangkau, di kisaran Rp. 175 juta hingga Rp. 275 juta. Tertarik? Anda bisa kunjungi konten “Mobil Bekas” untuk mengetahui beragam harga penawarannya.

Pesonanya sebagai mobil Hot Hatchback, mampu menyihir para kaula muda. Memang tak dapat dipungkiri, model Golf MK memang terus diberikan pembaruan dari tahun ke tahunnya yang hingga kini sudah meraih generasi ke 7-nya. Meski begitu Volkswagen Golf Mk V sebagai generasi kelimanya, terbilang cukup mumpuni merangkap banyak kebutuhan berkendara Anda. Dari segi mesin, performanya sangat tangguh di arena balap dengan memboyong konfigurasi Turbo. Adapun dari tampilan luar serta utilitasnya sebagai Hatchback, terbilang mampu merangkap kebutuhan aktif para kaula muda.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *