Toyota Yaris Heykers 2016

Toyota Yaris Heykers 2016

Tapi tidak dengan Toyota Yaris Heykers ini, mobil ini cocok untuk berpetualang. Adapun nama “Heykers” berasal dari ‘hikers’ atau ‘hiking’ yang berarti jalan kaki untuk rekreasi atau berpetualang. Perubahan kata ‘hi’ menjadi ‘hey’ agar berkesan lebih casual dan lebih Fun.

Sebagai biasa, kita mulai review Toyota Yaris Heykers 2016 dari sisi eksterior. Toyota Yaris Heykers 2016 memiliki tampilan luar yang sangat mencerminkan gaya maskulin dan sporty. Hal itu tercermin pada tarikan garis tegas body kitnya. Lekuk-lekuk side skirt, body kit, dan roof rail seakan menegaskan mobil ini mampu diajak berpetualang. Uniknya desain khas urban ini buah tangan desainer Indonesia.

Secara umum tidak sulit untuk membedakan Yaris “konvensional” dengan Yaris Heykers. Bumper depan didesain lebih agresif, dengan penambahan alis tebal seperti kumis ikan lele dibawah headlamp dan cover foglamp yang desainnya lebih mencolok. Ornament bumper kit berwarna hitam ini juga disematkan daytime running light yang berpadu sempurna dengan kelir putih dari mobil.

Beralih ke samping mobil, kesan bold alias tebal terus berlanjut. Lihat saja desain side protection moulding yang tebal serta desain bodykit pada sepatbor depannya. Tim desainer dari Toyota Yaris Heykers ini mengambil inspirasi dari bentuk batu yang menjadi bagian dari tradisi lompat batu rakyat suku nias. Belum lagi tambahan roof rail yang mempertegas konsep urban adventure dari Yaris Heykers ini.

Berlanjut ke bagian belakang, aksen tegas kembali diperkuat dengan bumper body kit belakang yang berdesain kokoh dengan dua mata kucing di masing-masing sisinya. Ditambah lagi dengan roof spoiler yang memiliki desain dinamis dan mengalir menambah kesan kuat dan durable di mobil ini.

Secara umum kesan pertama dari Interior Toyota Yaris Heykers 2016 ini cukup menyenangkan. Warna hitam pada dasbor cukup membantu mengurangi silau ketika kondisi matahari sedang terik. Peletakan tombol juga cukup oke dan mudah dijangkau oleh tangan pengemudi.

Audio Entertainment anyar dengan kemampuan DVD dan koneksi HDMI, telefon, Internet + Miracast/Mirroring (Tipe G, TRD & Heykers). Fitur ini dapat menampilkan smartphone secara realtime pada layar touchscreen 7” yang dapat menampilkan navigasi, video, music dan lainnya.

Terdapat audio Entertainment anyar dengan kemampuan DVD dan koneksi HDMI, telefon, Internet + Miracast/Mirroring (Tipe G, TRD & Heykers). Fitur ini dapat menampilkan smartphone secara realtime pada layar touchscreen 7” yang dapat menampilkan navigasi, video, music dan lainnya.

Menurut kami, ini adalah saat yang sangat tepat untuk mengetes mobil ini dalam kemampuan sebenarnya. Saat mobil kami terima, jarak tempuh kilometer mobil ini sudah diatas 10 ribu. Dimana mobil ini sudah melakukan servis rutin 1 kali, dan tune up.

For more you know, kebanyakan test drive dilakukan ketika mobil dalam keadaan baru sekali bahkan kilometer masih dibawah 10. Memang hal ini tidak terlalu bermasalah, namun ketika mobil tes sudah jalan cukup jauh maka impresi akan durabilitas akan lebih valid.

Karakter antara kedua mesin ini berbeda. Diatas kertas, mesin lama mampu menyemburkan tenaga 109 dk pada kitiran mesin 6000 rpm. Sementara mesin terbaru 2NR-VE memiliki output lebih kecil 4 dk yakni 105 dk pada putaran mesin serupa.

Meski unit mesin baru kalah secara tenaga, namun mesin lama Yaris 1NZ-FE yang juga menggunakan blok aluminium ini kalah 2 nm secara torsi di putaran mesin 200 rpm lebih rendah dibandingkan yang baru. Torsi mesin naik lebih ideal untuk kebutuhan stop and go di jalan, dibandingkan tenaga.

Sisi positifnya adalah konsumsi bahan bakar.. Kehematan Toyota Yaris Heykers ini lebih hemat. Di jalan dalam kota dengan kecepatan rata-rata 18 km/jam mobil ini mampu meraih 13,3 km/l. Sementara melaju di tol dengan kecepatan rata-rata 73 km/jam mampu meraih angka 19,2 km/l. Handling mobil ini termasuk baik, meski tidak bisa dibilang tajam.

Apakah mobil ini pas buat Anda? Kalau Anda kelurga kecil, mencari mobil yang bisa diandalkan untuk ke kantor, mengantar anak sekolah, dan sesekali ingin berpetualang di daerah yang kondisi permukaan jalannya tidak baik. Maka Yaris Heykers ini merupakan pilihan yang pas.

Mungkin Anda Menyukai