Toyota Crown 2018

Toyota Crown 2018

Bermula dari sebuah sedan berkode bodi (RS–RS30) di tahun 1955, Toyota Crown terus menjadi ‘mahkota’ kebanggaan Toyota selama lebih dari 6 dekade terakhir. Lewat garis keturunan tak terputus dan inovasi terdepan, salah satu sedan eksekutif Toyota ini selalu menjanjikan sesuatu yang ‘baru’ di setiap generasinya.

Memasuki era serba digital, Toyota Crown pun berbenah dengan menghadirkan generasi ke-15 Toyota Crown yang menawarkan keasyikan berkendara lebih nyata, sekaligus memberikan experience terkoneksi antara mobil dan dunia sekitar. Ini semua dibangun lewat ekosistem dan teknologi inovatif, yang menjadi dasar kelahiran generasi terbaru Toyota Crown ini.

Sebelum membahas eksterior Toyota Crown 2018, patut dicatat bahwa Crown termasuk salah satu lini Toyota yang memiliki evolusi versi bodi beragam dalam sejarah perjalanannya. Contohnya pada generasi kedua dan ketiga terdapat Crown versi pick-up dan D-cab yang merupakan lanjutan dari Toyopet Masterline.

Selain versi pickup dan Van,ada juga Crown model coupé antara generasi III hingga VI (1967 – 1983). Crown juga sempat hadir dalam versi station wagon dan van, pada model S170 namanya menjadi Crown Estate. Dengan portofolio desain versi bodi yang beragam, bisa dibilang kami tidak kaget dengan ubahan desain Toyota Crown generasi ke-15 ini. Mengambil desain dari Toyota Crown Concept yang sempat tampil pada Tokyo Motor Show 2017, Toyota Crown 2018 kini berubah dari segi pendekatan desain eksterior.

Melihat area eksterior depan Toyota Crown 2018 terasa sekali nuansa sporty yang biasanya selalu menjadi kekuatan desain dari Toyota Crown Athlete. Pada area eksterior depan kini Toyota Crown 2018 memiliki fascia depan yang agresif dengan grille berbentuk bak siluet mahkota, mengikuti logo khas Toyota Crown di tengahnya.

Terdapat detil chrome yang mengisi area samping grillle serta garis line yang memisahkan area grille dengan fog lamp. Bicara soal lampu sudah dibekali headlight LED, dan pada seluruh varian RS mendapatkan LED sequential turn signals.

Nuansa garis desain sedan fastback kental terasa di Toyota Crown 2018. Hal ini bisa dilihat dari desain kap mesin depan yang terasa memanjang dengan efek low slung, serta mulai dari pilar B desain garis roofline dibuat melandai bak sebuah mobil fastback.

Untuk memperkuat presensi ini, Toyota pun meredesain area kaca Toyota Crown dengan six-side window dan frame kaca pada pintu berkelir hitam (khusus untuk varian RS). Sedan eksekutif berkode S220 dengan postur bodi 4,910 mm x 1,800 mm x 1,455 mm (panjang x lebar x tinggi) ini juga semakin memperkuat ciri khas sporty melalui pemilihan velg 18 inci dengan material aluminium (varian RS)

Efek dari desain roofline bak fastback, membuat desain buritan belakang Toyota Crown 2018 terasa sangat berotot dan seksi. Hal ini disebabkan penambahan detil berupa ducktail spoiler, empat buah exhaust tail pipes, serta aksen panel hitam yang menjadi pemisah antara exhaust dan area bumper bawah.

Agar masih bisa terlihat elegan, Toyota pun menyematkan aksen chrome pada area panel atas dari ruang plat nomor di pintu bagasi. Desain taillamp pun dibuat pipih dan sudah mengadopi teknologi LED.

Toyota secara apik mendefinisikan kemewahan dan kecanggihan dalam sebuah ekosistem interior eksekutif nan modern. Tak hanya sekedar berbicara fitur yang semakin bertambah banyak, Toyota juga memastikan nuansa kemewahan tetap terjaga di interior Toyota Crown 2018 melalui pemilihan material kayu beserta leather terbaik yang bisa dipesan pemilihan warnanya oleh konsumen.

Alhasil, bisa dipastikan sosok yang berada di dalam kemudi maupun duduk di kursi penumpang Toyota Crown 2018 bisa merasakan pengalaman berkendara dan interaksi yang lebih nyaman dan menyenangkan dibandingkan sedan eksekutif sekelasnya.

Nuansa modern menjadi tema besar dari dashboard Toyota Crown 2018. Hal ini disebabkan Toyota mengadopsi dua layar untuk Data Communication Module sebagai ‘pusat komando’ dari beragam fitur di mobil. Hal ini juga yang mengakibatkan beragam tombol fitur kini dipindahkan ke layar digital, dan mengakibatkan desain dashboard kini menjadi lebih clean dan minimalis.

Salah satu alasan eksistensi Toyota Crown sebagai ‘mahkota’ sedan eksekutif terbaik Toyota selalu terletak pada nilai inovasi. Mengedepankan teknologi konektifitas serba canggih, serta didukung perpaduan antara karakter performa impresif dan keasyikan berkendara terbaik, membuat Toyota Crown 2018 kembali menunjukkan sinarnya sebagai salah satu sedan eksekutif terbaik dari Negeri Sakura.

Meski begitu, sedan eksekutif yang kembali diproduksi di Motomachi Plant, Toyota Motor Corporation, hanya akan bisa dinikmati segera oleh pasar domestik Jepang saja. Apakah Indonesia akan menyusul menjadi negara yang menikmati Toyota Crown 2018? Well, semoga saja kesempatan tersebut bisa terjadi.

Mungkin Anda Menyukai