Toyota 86 2012

Toyota 86 2012

Toyota telah merilis sebuah mobil yang cukup mewah pada tahun 2012 silam, dimana disain yang ditampilkan sangat menarik dan terlihat elegan. Toyota 86 merupakan mobil sport pertama yang resmi dijual oleh PT Toyota-Astra Motor. Siapa sangka meskipun pangsa pasar mobil sport tidak begitu besar, Toyota 86 langsung mendulang kesuksesan di acara peluncuran pertamanya dan dipesan hingga 40 unit. Toyota 86 yang merupakan kolaborasi Toyota dengan Subaru ini langsung di datangkan dari Jepang (CBU).

Di awal kemunculannya tahun 2009, hingga 2012, Toyota 86 sejatinya memberikan semangat baru bagi setiap perubahan yang ada. Development diupayakan menggeser unsur tradisional yang ada namun tetap mengalirkan DNA khas sports car Toyota yang melegenda. Toyota 86 yang dalam bahasa Jepangnya Hachi-Roku relatif murah dari banyak pesaingnya di Indonesia, hal tersebutlah yang membuat Toyota 86 memiliki point positif dari sisi harga.

Pada bagiasn depan dari mobil ini, Toyota 86 memiliki sifat garang, terlihat dari lampu depan yang lancip dan menyempit ke daerah tengah. Penampilan garang ini didukung dengan bentuk bumper yang tidak kalah menariknya. Sepasang lampu HID proyektor di sektor lampu utama membuat 86 percaya diri dalam memberikan pencahayaan maksimal, serta fog lamp di sisi bawah mendukung kekuatan 86 dalam mengarungi jalanan.

Sedikit berbeda dari sport car lainnya, Toyota 86 lebih memfokuskan pada pengendalian yang sempurna dari pada tenaga yang besar, tidak lupa mobil ini juga memiliki keunggulan dalam keselamatan yang baik, selain itu Toyota 86 memiliki titik gravitasi rendah sehingga membuatnya lebih stabil dalam kecepatan tinggi.

Menuju bagian samping, Toyota Hachi-Roku (86) ini punya desain yang aerodinamis, dengan lekukan menurun ke bagian belakangnya. Pelek berukuran besar mendukung kekuatan Hachi-Roku dalam berakselerasi, selain itu pelek besar ini juga terlihat serasi dengan bodi Toyota 86.

Untuk sisi bagian belakang, Mobil yang snagat atletis dan kekar, guratan kuat tersebut merata di sisi belakang mobil. LED futuristik di bagian belakang juga melengkapi desain bodinya yang memang dirancang tajam di bagian ujung. Ada juga aksen side air scoop + 86 emblem, serta double exhaust serta sayap belakang (tipe Aero Package) semakin menambah aura sport pada Hachi-Roku.

Mari masuk ke dalamnya, pada bagian interior tersemat sepasang bucket seat untuk pengemudi dan penumpang depan. Selanjutnya interior yang ditawarkan adalah dua warna, hitam dan juga dikombinasikan dengan hitam-merah. Kenyamanan kabin mobil cukup baik karena ketika masuk kedalamnya atmosfer sporty dan aura cockpit pesawat begitu kental, teruata dari intrumen clusternya.

Dasbor memiliki material empuk akan memberikan kesan mewah bukan murahan. Kemudi dengan diameter kecil disematkan, tetap dengan elegan berpadu dengan 2 tone memberikan kekentalan sport pada 86nya. Pemindahan gigi dapat dilakukan dengan mudah semudah menarik tuas paddle shift di sisi kemudinya, serta tidak lupa ada fitur cruise control yang dapat menjalanan mobil dalam kecepatan konstan.

Meskipun Toyota 86 ini cenderung sempit dalam kabin terutama baris keduanya, tetapi kapasitas bagasi mobil cepat ini tergolong cukup. Seperti yang kami bicarakan, kami tidak merekomendasikan orang dewasa untuk duduk di baris kedua, kami lebih menyarankan jika, kursi baris kedua itu tidak digunakan dan di rebahkan, guna mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas lagi.

Bukan hanya model keren, kecepatan dan handling yang mantap, Toyota 86 dibekali dengan safety terbaik. Mulai dari pengereman Antilock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Tranction Control (TRC), dan teknologi Vehicle Stability Control (VSC). Sedangkan untuk bagian mesinnya, telah menggunakan Mesin Boxer tipe 4U-GSE atau Toyota D-4S berkapasitas 1.998 cc.

Mesin besar ini akan memberikan tenaga maksimal hingga 147 Ps pada 6000 rpm, dan torsi puncak 205 Nm pada 6600 rpm. Ciri khas compact sport car memiliki titik gravitasi rendah, hanya 460 mm yang diperoleh berkat konstruksi chasis yang rigid dengan mesin boxer.

Kesukaan para pecinta otomotif terutama sport car akan terasa lengkap dengan hadirnya Toyota 86. Harga yang terjangkau lebih murah dari pesaingnya menjadi point utama Hachi-Roku ini laku keras bahkan ketika di hari pertama kali peluncurannya. Hingga saat ini meskipun pangsa pasar sport car masih terbilang sangat sempit, tetapi segmen ini masih diramaikan oleh para kolektor dan penyuka sport car, jika anda salah satunya, silakan lengkapi hasrat mengemudi Anda dengan Toyota 86 ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *