Suzuki New Jimny

Meskipun sudah lama tak diproduksi lagi, Suzuki Jimny dan Suzuki Katana masih cukup dicari oleh sebagian orang mobil bekasnya. Mobil yang sempat nge-trend pada era 90-an ini dikenal sebagai mobil offroad. SUV berukuran mungil ini seringkali terlihat di arena berlumpur dan terjal. Kemampuan 4×4 nya dalam menjelajah segala medan tidak perlu diragukan lagi. Ditambah dengan ground clearance yang tinggi dan wheelbase pendek mampu membuat mobil ini melalui batuan terjal dengan lincah. Kabar baiknya, kini Suzuki meluncurkan Suzuki Jimny dengan mesin 1.3L dan penggerak 4 roda yang dapat diatur dengan mudah. Hanya saja, kembalinya Suzuki Jimny ini masih tidak banyak diperbincangkan orang. Mungkin memang masih belum banyak yang tahu atau mungkin harganya terlalu mahal untuk sebuah “Jimny”.

Sebagai sebuah SUV tulen berukuran mungil, kompetitor mobil ini sangat terbatas khususnya di Indonesia. Kebanyakan SUV sudah mengusung body gambot dengan harga yang selangit. Yang berukuran kecil pun mungkin masih sekedar mini crossover tanpa dibekali dengan penggerak 4 roda, sebut saja Renault Kwid. Di pasar Indonesia, mungkin rival terdekatnya adalah Renault Duster yang menggunakan mesin diesel dan dibanderol dengan harga yang lebih mahal untuk varian berpenggerak 4 roda.

Suzuki New Jimny mengusung bentuk body yang mengkotak, namun lebih segar. Desainnya masih terlihat agak kaku dan terkesan dipaksakan agar terlihat seperti “Jimny”. Suzuki Jimny tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu superior white dan bluish black. Pada bagian depan terlihat grill vertikal diapit sepasang headlamp halogen multi-refector yang berbentuk mengkotak. Sepasang foglamp juga tersedia dibagian bawah untuk penerang tambahan ketika menjelajah hutan, menembus kabut, ataupun hujan deras. Uniknya di bagian cup mesin terdapat sebuah airscoop yang membuatnya tampil macho.

Dilihat dari samping mobil ini memang terlihat kotak. Lekukan-lekukan baru ditambahkan sebagai penyegaran. Roof-rail di bagian atap sudah tersedia. Velg kaleng baja dengan diameter 15 inch dan 205/70 R15 seperti versi lama menonjolkan kesan tangguh dalam segala medan. Pintu samping hanya ada satu untuk masing-masing sisi seperti halnya Suzuki Jimny lawas.

Seperti halnya Suzuki Jimny versi lawas, Suzuki New Jimny juga menggantuk ban cadangan di pintu belakang. Bedanya, jika versi lawas ban cadangan agak ke sebelah kanan, kini diletakkan di bagian tengah, mirip dengan Rush/Terios. Di kaca belakang juga sudah dilengkapi dengan high-mounted stoplamp namun tidak ada rear roof spoiler.

Spesifikasi Eksterior
Panjang: 3695 mm
Lebar: 1600 mm
Tinggi: 1705 mm
Wheelbase: 2250 mm
Front Tread: 1355 mm
Rear Tread: 1365 mm
Ground Clearance: 190 mm
Turning Radius: 4.9 meter
Curb Weight: 1105 kg
Velg: Steel Wheel 15″
Ban: 205/70 R15