Suzuki Jimny 2019

Suzuki Jimny 2019

Terhitung genap 20 tahun setelah perilisan generasi ketiganya pada tahun 1998 silam. Rentang waktu yang cukup panjang bagi para peminat Suzuki Jimny untuk menantikan kehadiran generasi terbarunya.

Memang tak dapat dipungkiri, Suzuki Jimny memiliki karismatiknya sendiri. Seperti pada generasi pertamanya pada tahun 1970 yang mengusung ukuran bodi kecil dengan performa luar biasa di medan berat. Perubahannya dilanjutkan pada generasi kedua yang memadukan desain bergaya Urban dan utilitas Off-Road dalam bodi Solid-Square Shape. Sampai akhirnya pada tahun 1998, generasi ketiganya muncul dengan tingkatan kenyamanan lebih baik, Wheelbase lebih panjang dan suspensi handal.

Peluncuran generasi keempatnya, nanti akan menawarkan dua variasi warna meliputi Single-Tone Colours dan Two-Tone Colours. Belum lagi, dari informasi yang didapat, Suzuki Jimny 2019 ditawarkan ke dalam dua mode transmisi yakni 5 tingkat manual dan 4 percepatan otomati.

Kita mulai melihat profil Suzuki Jimny 2019 dari sisi eksterior. Jika generasi ketiganya lebih menampilkan bodi boxy, beda halnya jika melihat desain eksterior Suzuki Jimny 2019 yang mengawinkan konsep Retro dan maskulin. Nampaknya Suzuki ingin membuat kendaraan Sporty Utility Vehicle (SUV) yang ikonik daripada banyak pesaing lainnya.

Daripada generasi sebelumnya, Jimny 2019 menggunakan tampilan tegas dengan Front Grille menonjol, bemper berlatar Honey Comb dan moncong yang lebih kekar. Menariknya semua lampunya memiliki ukuran bundar yang mana Head Lamp LED-nya memiliki ukuran lebih besar dan lampu sein berukuran kecil. Tak lupa, lampu kabutnya juga disematkan sejajar pada latar bemper yang mampu memberikan pencahayaan optimal.

Pesona maskulin dari bodi sampingnya semakin terasa kental dari Fender berukuran besar diberi kelir hitam. Berbeda dari generasi sebelumnya, sisi sampingnya kini dikemas dengan ukiran tegas mengintegrasikan kedua buah Fender-nya. Khusus pada varian Two-Tone, bagian atapnya dibalut warna hitam yang dikawinkan dengan 3 pilihan warna nyentrik.

Perubahan juga dapat diamati dari sektor buritannya. Mengusung “Konde” berlatar hitam dengan Door Handle di bagian samping kirinya. Fiturnya kini terbilang modern dengan hadirnya Stop Lamp di atas kaca belakang serta lampu LED Rear Combination pada kedua sisi bawahnya. Menariknya, pada sisi bemper kini dibuat lebih kokoh sehingga mampu meminimalisir terjadinya baret dari batu dan goresan lainnya.

Sudah puas dengan eksterior, kini kita lengkapi profil Suzuki Jimny 2019 di sisi interior. Jika eksteriornya menampilkan sosok maskulin bergaya Retro, berbeda halnya dengan ruang interior Suzuki Jimny 2019 yang dikemas lebih lapang bernuansa modern.

Panel dashboardnya kini dipersenjatai dengan fitur mumpuni yang tertata rapi diprioritaskan untuk memudahkan pengendara dalam mengakses fiturnya. Dominasi warna hitam legam pada panel dashboardnya, memberikan atmosfer tegas serta nuansa lebih minimalis. Nampaknya konsepnya sebagai SUV Off-Road kini semakin merambah sektor kenyamanan dalam berkendara.

Dari kemudi setir, nampaknya Suzuki Jimny mengadopsi desain dari model Hatchback-nya yakni Ignis. Hanya saja, bagian bawahnya tidak nampak Flat layaknya setir Ignis. Meski begitu, di sisi kanan dan kiri setirnya terdapat tombol untuk mengakses pengaturan audio serta Cruise Control.

Sejalan dengan konsepnya sebagai mobil SUV Off-Road, kursinya kini tampil cukup nyaman dengan balutan kain berkualitas. Adapun ruang kabinnya kini tampak lebih lapang meski diisi 5 orang sekaligus.

Dari informasi yang didapat, Suzuki Jimny 2019 juga dibekali dengan teknologi keselamatan aktif seperti DSBS dan High Beam Assist. Menariknya, teknologi Weaving Alert juga dihadirkan yang mana mampu memberikan notifikasi audio ketika sistem mencatat pengendara mengantuk atau kelelahan.

Teknologi ini terbilang cukup menarik untuk menjaga kewaspadaan Anda selama berkendara. Hal menarik lainnya, juga dirasakan pada Lane Departure Warning serta Traffic Sign Recognition yang mampu memberikan notifikasi audio ketika mobil keluar dari marka jalan serta ketika sistem mendeteksi adanya rambu-rambu lalu lintas.

Dashboardnya sudah didukung dengan fitur Infotainment System berteknologi Touchscreen 7 inci. Bahkan diprediksi, panel Head Unit-nya dikemas dengan pengaturan Smartplay Suzuki sehingga dapat memberikan hiburan atraktif bagi seluruh pengendara dan penumpang dalam kabinnya. Menariknya, fitur Air Conditioning (AC) System-nya mengadopsi dari Suzuki Swift yang mampu memberikan kesejukan secara otomatis.

Dari sisi performa, operasi mesin Suzuki Jimny 2019 menggunakan kapasitas 1.5 Liter yang dipadu dengan mode penggerak Part-Time 4 Wheel Drive (4WD) atau yang mereka sebut ALLGRIP PRO. Bermodalkan kapasitas silinder 1.462 cc dalam mesin berkode K15B, daya pacunya mampu meraih titik maksimum sebesar 75 kW setara 6.000 Rpm. Diramu dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis, membuatnya mampu meraih torsi puncak di angka 130 Nm pada putaran 4.000 Rpm.

Suzuki Jimny 2019 nampaknya semakin mengikuti perkembangan zaman. Konsepnya sebagai mobil SUV Off-Road kini semakin merambah ke aspek kenyamanan serta tampilan bodi ikonik bergaya Retro. Perubahannya kini terlihat cukup membanggakan jika dibandingkan dengan generasi ketiganya. Tentu bagi Anda pecinta Suzuki Jimny, model teranyarnya ini bisa Anda nantikan yang kami prediksi muncul tahun 2019 mendatang.

Mungkin Anda Menyukai