Suzuki Jimny 2017

Suzuki Jimny 2017

Pasca debut 38 tahun silam, Jimny memang sudah menjadi mobil subtitusi bagi mereka yang belum mampu membeli Jeep yang sesungguhnya. Mobil yang telah memasuki generasi ketiganya ini memang sangat cocok untuk mereka yang gemar menjelajah medan ekstrim di lereng perbukitan, hutan maupun jalalan non aspal lainnya. Di tahun 2017 ini, Suzuki selaku pabrikan kembali menghadirkan Jimny dengan wujud yang lebih fresh dan bahkan hampir menyerupai Jeep yang sesungguhnya. Sebelumnya, sepat disinggung bahwa Jimnya memiliki tampilan eksterior yang begitu tangguh layaknya Jeep. Untuk daoat mengetahui mobil Suzuki Jimny ini, anda bisa simak ulasan yang kami jelaskan dibawah ini beserta spesifikasinya.

Ketangguhan tersebut dapat dilihat dengan grill horizontal yang berdiri kokoh diantara kap mesin dan bumper. Ruang udara yang disajikan juga cukup besar agar angin yang berhembus bisa masuk ke dalam bagian mesin. Desain grill ini memang sudah lama dipertahankan Suzuki untuk katalognya ini. Selain itu, lampu utama multireflektor yang memiliki desain membulat juga seakan membawa citra klasik dari mobil ini.

Di bagian samping, Jimny tak banyak melakukan pembaharuan. Hanya terpampang side skirt dengan desain agak tebal yang melintang di bawah handle door. Selebihnya sisi ini bisa dibilang biasa saja.

Sementara pada bagian belakang, ciri khas Jeep kembali dituangkan melalui keberadaan kaca belakang yang besar serta ban serep tanpa penutup. Sisi belakang ini nampak telihat cukup gagah. Untuk melengkapi bagian buritan, disematkan pula stop lamp dan rear lamp guna memberikan informasi kepada pengemudi di belakangnya. Secara overall, eksterior Suzuki Jimny 2017 seri terbaru ini masih mengandalkan desain mengotak seperti sebelumnya namun terlihat lebih Boxy boxy dan tentu saja, elegan.

Dari sisi interior, secara keseluruhan interior Suzuki Jimny 2017 sangat nyaman. Ruang-ruang kaki dan kepala yang tersedia cukup lega untuk menopang tubuh sepanjang perjalanan jauh. Selain itu, kursi-kursi yang disemat juga cukup mumpuni untuk memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan. Meskipun memiliki desain yang terlalu luas, soal kenyamanan, Suzuki selalu memprioritaskannya.

Sebagai teman perjalanan, Jimny menyediakan panel sederhana pada bagian dashboard. Keberadaan panel layar sentuh juga dirasa cukup untuk memberikan fitur entertainment maupun informasi. Untuk tata suara sendiri Suzuki melengkapi mini Jeepnya dengan 2 buah speaker pada bagian depan dan 2 pada bagian belakang. Kualitas suara yang dihasilkan dari speaker ini juga terbilang cukup mumpuni.

Selain itu, tersedia pula AC yang bisa diakses melalui 3 panel tombol dibawah fitur multimedia secara manual. Suzuki juga memberikan 3 panel tombol yang berfungsi sebagai drive action 4×4 untuk memberikan posisi kemudi secara otomatis mulai dari 2WD untuk kontur perkotaan. 4WD untuk trek non aspal hingga 4WD-L saat mobil harus menapaki medan yang curam dan terjal.

Namun sayangnya, bagian bagasi pada mobil ini dirasa tak cukup besar. Space yang disediakan terlalu mungil dan mungkin agak sulit untuk menampung berbagai barang bervolume besar. Meskipun begitu, kursi pada baris kedua tetap bisa dilipat guna memaksimalkan barang bawaan. Namun konsekuensinya, seat akan sangat terpangkas. Menyiasati hal itu, Suzuki menyematkan roof rail pada bagian atap guna mempermudah penumpang yang ingin membawa barang bawaannya.

Dari sisi sistem operasi Suzuki Jimny 2017 menyematkan mesin 4 silinder dengan kubikasi 1328cc, yang memiliki rasio kompresi 9.5 dan menggunakan perbandingan bore x stroke : 78.0 x 69.5. Telihat cukup minim ya. Dengan kubikasi yang dimiliki, Jimny hanya mampu mengeluarkan tenaga maksimum 628kW pada putaran mesin 6.000rpm, sedangkan torsi maksimum 110 Nm pada putaran mesin 4.100rpm. Dengan putaran dan torsi yang demikian adanya, kita tentu akan menilai mobil ini boros bahan bakar.

Secara keseluruhan, Jimny merupakan mini Jeep buatan Suzuki yang garang pada sisi eksterior serta minimalis pada sisi interior dan sistem operasi. Terlepas dari berbagai kelebihan dan kekurangannya, mobil ini memang sangat cocok bagi anda yang memiliki adrenalin tinggi namun memiliki kocek terbatas. Kabar buruknya, Jimny sudah habis terjual pada ajang GIIAS 2017 kemarin. Pasalnya, Suzuki hanya menyediakan mobil ini sebanyak 88 unit saja. Belum ada kepastian kapan mobil ini akan diluncurkan kembali.

Mungkin Anda Menyukai