Suzuki Baleno 2017

Suzuki Baleno 2017

Suzuki untuk indonesia (SIS) meluncurkan kembali mobil legendaris mereka, Baleno dalam wujud baru yakni Hatchback. Mobil yang pertama kali memulai debut pada tahun 1996 silam memang menjadi primadona Suzuki untuk urusan sales. Maka tak heran, pabrikan asal Jepang tersebut kembali meluncurkannya dengan harapan mampu memanaskan persaingan di ranah sejenis dan berkompetisi dengan kompetitornya macam Honda Jazz dan Toyota Yaris serta memberikan opsi untuk memperlebar pangsa pasar.

Dari sisi luar Baleno terlihat begitu manis dengan desain minimalis nan modern. Meskipun tak mengandalkan banyak lekukan dari sisi body, tampilan mobil satu ini tetap patut untuk diberikan kredit lebih. Sisi depan misalnya, bagian grill lama yang terlihat membosankan dibuang dan diganti dengan bentuk v shape dengan aksen chrome yang mengikuti alur kap. Meskipun begitu, rongga penyaring udara tetap diberikan di sisi tengah

Pada bagian bumper depan, disematkan pula kisi-kisi berwarna hitam yang membuat mobil ini menjadi lebih elegan. Bagian depan sendiri ditutup dengan fog lamp untuk membantu penerangan pada lampu utama.

Sementara di bagian samping, Baleno tak memberikan banyak sentuhan disini. Suzuki hanya menyematkan garis tipis memanjang di sisi bawah. Selebihnya, sisi samping terlihat cukup kopong. Utungnya, desain jendela yang nampak elegan sedikit banyak menolong view dari bagian ini.

Sementara pada sisi belakang, aksen garis Silver yang memanjang di bawah kaca, spot bagasi kecil yang ditemani dengan stop lamp dengan membulat seakan membuat bagian ini makin cantik. Tak hanya itu, desain body yang agak membulat juga membuat sisi ini nampak aktraktif. Sebagai akhir, bumper berukuran besar dihadirkan di sisi belakang guna memberikan kesan kokoh pada bagian ini.

Meski terlihat sederhana pada bagian luar, bagian interior Suzuki Baleno 2017 justru terlihat lebih sporty, elegan dan nyaman. Baluran desain interior Suzuki Baleno 2017 yang digunakan juga sangat kental dengan desain hatchback modern.

Di bagian dashboard misalnya, produsen asal negeri matahari terbit menyediakan panel berdesain futuristik lengkap dengan layar sentuh berukuran 7 inci sebagai sarana informasi seperti navigasi dan live traffic update. Tak hanya itu, fitur hiburan juga bisa ditampilkan disini. Meskipun tak memiliki ukuran yang cukup besar, nyatanya layar sentuh ini bisa berfungsi secara maksimal guna memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Di sisi-sisi layar, terpampang juga dua AC dengan Auto Climate Control yang fungsinya kita sudah tahu sendiri. Pada bagian bawah, Baleno juga memiliki berbagai fitur tambahan seperti Eksternal Device Connectivty with Apple CarPlay dan Bluetooth yang siap menunjang aktivitas media connection pada jarak dekat. Sebagai pelengkap, disuguhkan juga speaker X2 yang siap menunjang kualitas tata suara terbaik ke seluruh penjuru kabin.

Bergerak ke bagian lingkar kemudi, kita juga akan disuguhi dengan fitur modern yang sudah banyak digunakan di berbagai mobil yakni steering wheel with integrated. Melalui fitur tersebut, pengemudi bisa mengakses berbagai kebutuhan di bagian panel tanpa harus memindahkan tangannya dari lingkar kemudi. Selain itu, tersemat pula dual speedomter berbentuk bulat yang siap memberikan informasi terkini seputar penggunaan bahan bakar, jarak yang ditempuh, kondisi terkini kendaraan dan lain sebagainya.

Bergeser ke belakang, kita akan menjumpai kursi yang lumayan lebar untuk menampung 3 orang penumpang. Untuk menunjang kenyamanan, material kursi terbaik juga coba dihadirkan. Selain itu, untuk mempertebal rasa aman, dihadirkan pula seat belt di seluruh kursi. Untuk mempertebal rasa nyaman, ruang kaki dan kepala yang disuguhkan juga terbilang cukup lumayan untuk menopang seluruh awak mengarungi perjalanan jauh.

Pertama dari sisi keamanan, hatchback ini memiliki kombinasi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) yang siap mengoptimalkan pengereman saat mobil dipaksa untuk melakukan pengereman darurat. Untuk mempertebal rasa nyaman, dihadirkan pula dual SRS Airbag di bagian depan yang berfungsi untuk meminimalisir resiko cidera pada penumpang bagian depan saat mobil harus mendapatkan benturan yang cukup keras.

Secara keseluruhan, Suzuki Baleno merupakan Hatchback yang cukup gagah dan maskulin dari sisi desain eksterior serta elegan dan nyaman dari sisi interior. Bagian mesin pun bisa dibilang cukup mumpuni karena memiliki kubikasi yang lumayan sedang.

Dari segi harga, Suzuki nampaknya serius untuk memenangkan pasar karena menyematkan harga yang terbilang cukup miring untuk varian anyarnya ini. Dari segi warna, konsumen bisa memilih enam varian warna berbeda sesuai selera yaitu granite grey metallic, metallic premium silver, prime arctic white, solid fire red, urban blue pearl metallic, pearl midnight black.

Mungkin Anda Menyukai