Review Mobil Suzuki Grand Vitara

 Desain Dan Dimensi

Desain Suzuki Grand Vitara yang sangat sporty dengan membawa konsep Discovery Redefined yang berarti petualangan memang sangat pantas disandangnya karena hadir dengan dimensi 4.500 x 1.810 x 1.683 mm membuatnya terlihat panjang dan berbobot hingga 1.587 kg. Kemudian untuk jarak poros roda Suzuki membuatnya dengan ukuran 2.640 mm yang dipercantik dengan jarak pijak roda depan dan belakang berukuran 1.540/1.570 mm dan jarak terendah body ke tanah hingga 193 mm, yang memungkinkan penggunaan yang terasa nyaman dan tak tertinggal Suzuki juga mendesain mobil ini dengan radius putar 5.5 m.

Ketangguhan mobil Suzuki Grand Vitara dari tampak luar memperlihatkan bahwa mobil ini amat sangat cocok ketika di bawa berkendara di jalanan yang cukup ekstrim. Selain itu mobil SUV yang satu ini juga cocok untuk digunakan berlibur bersama keluarga karena mampu menampung hingga 5 orang. Selain itu pada seri 2.4 L, Suzuki juga menambahkan fitur menarik pada sisi interiornya dengan menambahkan tampilan Multi Information Display, Design Instrument Panel. Sementara pada bagian luar Suzuki Grand Vitara memiliki fitur HID (High-Intensity Discharge) head lamps & auto leveling yang memungkinkan pemancara lampu depan cukup terang namun tetap mengkonsumsi daya listrik yang kecil.

Baca Juga :

Review Mobile Suzuki Grand Vitara

Dapur Pacu

Seperti diawal kami sampikan, dengan harga Suzuki Grand Vitara yang tinggi, mobil ini juga memiliki dua versi yaitu versi 2.0 L dan 2.4 L yang mana perbedaan tersebut juga membuat jenis mesin yang di palkainya berbeda. Untuk versi 2.0 L menggunakan jenis mesin dengan kode J20A yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 144 Hp per 6.800 rpm dengan toris 18 Nm per 4000 rpm. Sementara untuk versi New Grand Vitara 2.4 L, Suzuki menggunakan mesin berkode J24B yang mana mesin ini mampu memberikan tenaga hingga 166 Hp per 6.000 rpm dan torsi 225 Nm per 4.000 rpm.

Menariknya keduanya sama-sama memiliki konfigurasi 16 katup dengan 4 unit silinder dengan kapasitas mesin 2.393 cc. Selain itu juga, Suzuki Grand Vitara di tawarkan dengan menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan yang memungkinkan mesin dari mobil yang satu ini sangat bertenaga. Dengan bodinya yang super besar dan juga super kekar membuatnya memiliki tangki bahan bakar yang juga cukup luas yang mampu menampung 66 liter. Dimana Mobil Suzuki Grand Vitara ini juga bisa di bilang cukup irit penggunaan bahan bakar karena sudah mengadopsi sistem bahan bakar Multi Point Injection.

Suspensi Dan Kaki Kaki

Dikhususkan untuk para pecinta otomotif yang hobi berpetualang, mobil ini pastinya sudah di sertai pula dengan beberapa aspek yang dapat membuatnya terlihat lebih kokoh dan aman. Hal ini jelas terlihat dari penggunaan tipe suspensi depan yang berjenis MacPherson Strut serta tipe suspensi belakang yang bejenis Multi Link. sehingga tak heran bila harga Suzuki Grang Vitara ini cukup mahal. Dilain sisi, semakin meningkatnya penguna mobil pada akhir-akhir ini, juga membuat Suzuki Grand Vitara kembali menjadi pilihan terbaik mereka karena mobil yang satu ini mempunyai sistem kemudi Rack & Pinion yang dapat membuatnya lebih nyaman.

Kemudian untuk masalah fitur keamanan, mobil ini sudah menggunakan tipe pengeremaan Ventilated disc baik untuk roda depan ataupun roda belakang yang memiliki ukuran 225/60 R18. Menariknya lagi dengan harga Suzuki Grand Vitara yang cukup tinggi pun membuat sistem pengereman yang di berikan juga di sertai dengan beberapa fitur menarik seperti Anti-lock Brake System (ABS) serta Electric Brake System (EBD) yang dapat mendistribusikan kekuatan rem secara elektrik. Dengan hal ini tentu saja keamanan setiap pengguna dapat dipertanggung jawabkan karena bisa di bilang sistem pengereman yang di berikan sudah sangat apik.

Fitur Keselamatan

Harga Suzuki Grand Vitara yang cukup mahal tentu saja membuat Suzuki memiliki priorotas utama menjaga keselamatan dan kenyamanan para penggunanya. Untuk itulah Suzuki juga menempatkan beberpa fitur keamanan mulai dari struktur kerangka yang mempunyai teknologi TECT (Total Effective Control Technology) dimana teknologi ini mampu memnimalisis energi benturan. Selain itu tersedia pula teknologi Side Impact Beam yang mampu mencegah kerusakan parah pada bagian samping dan juga terdapatnya Dual SRS-Airbags yang di tampatkan Suzuki pada bagian depan dan belakang.

Lebih dari hanya itu saja, bersama dengan bandrol harga Suzuki Grand Vitara yang saat ini lebih dari 200 juta rupiah, Suzuki juga memberikan fitur keamanan untuk si buah hati dengan adanya teknologi bernama childproof door lock. Dengan tingginya teknologi yang ada pada industri otomotif saat ini, Suzuki juga meletakan fitur berama Genius Key, dimana fitur ini akan membuat pintu mobil dapat terbka tanpa menggunakan kunci, melainkan hanya menggunakan remote. Bahkan jauh lebih menariknya, remote tersebut juga bisa untuk menghidupkan mesin mobil hanya dengan menekan tombol khusus yang ada di remotnya.

Author: jordan smith