Review Mobil Honda Brio RS

Desain Dan Dimensi
Honda Brio RS menawarkan desain lebih sporty dibandingkan Honda Brio Satya yang dibanderol lebih murah. Yah, harga Honda Brio RS memang lebih mahal, karena tidak termasuk mobil LCGC (Low Cost Green Car) layaknya Brio Satya. Walaupun lebih mahal, namun motor ini menawarkan fitur lebih lengkap, dan didesain lebih sporty dengan ukuran dimensi panjang 3.610mm, lebar 1.680mm, dan ketinggian 1.485mm. Jarak sumbo rodanya mencapai 2.345 mm dan memiliki berat kosong mencapai 930 kg. Itu artinya ukuran dimensi dan bobot mobil ini sama persis dengan Brio Satya.

Namun dibagian eksterior, sobat akan menjumpai lampu Headlamp berteknologi Projector dengan LED Light Guide yang tak dimiliki Brio Satya. Selain itu, tersedia pula lampu fog yang berpadu dengan headlamp berukuran besar. Bahkan tampilan depan mobil ini terlihat mirip dengan Honda Mobillio. Namun didalamnya sudah ada layar sentuh berukuran 6.2 inci yang terhubung dengan sistem audio dan video. Lalu ada pula ruang kabin yang luas dengan interior berbalut warna Ivory yang terlihat elegan dan berkesan lebih mewah.

Dapur Pacu
Semua tipe Honda Brio memiliki mesin 1.2 Liter SOHC silinder segaris, dengan 16 katup dan teknologi i-VTEC + DBW. Kinerja mesin tersebut akan disempurnakan dengan sistem pembakaran PGM-FI, sehingga lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil murah sekelasnya. Teknologi Injeksi yang dipakaina juga mengoptimalkan kinerja mesin berkapasitas 1198cc, agar mampu mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 90 PS pada putaran 6.000 rpm, serta memuntahkan torsi maksimal mencapai 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Honda menyediakan varian transmisi manual dan CVT atau matic. Sayangnya harga Honda Brio RS CVT dibanderol lebih mahal, karena akan lebih nyaman dikendarai dan sobat tak perlu repot-repot mengatur posisi perpindahan gigi 5 percepatan yang dimilikinya. Agar semakin nyaman dikendarai, Honda juga menghadirkan fitur Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) dengan ditambah fitur Tilt Steering, sehingga sobat bisa mudah bermanuver melawati padatnya perkotaan.

Suspensi Dan Kaki Kaki
Sebanding dengan harga Honda Brio RS yang lebih mahal, mobil ini sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-Lock Breaking System) yang berguna untuk mencegah penguncian roda ketika sobat mengerem secara mendadak. Lalu ada pula fitur EBD (Electronic Brake-Force Distribusion) yang mampu mendistribusikan daya pengereman secara sempurna dengan menyesuaikan beban kendaraan. Alhasil berkendara bisa semakin nyaman dan aman apabila sobat membeli mobil Honda Brio RS matic ataupun manual. Selain itu, rem bagian depan juga menggunakan rem cakram (Ventilated Disc), dan rem belakang memakai sistem rem tromol.

Beralih kebagian suspensi, Honda Brio RS mengusung suspensi depan bertipe MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam. Suspensinya akan terasa sangat empuk, sehingga sobat bisa melewati segala medan dengan nyaman. Lalu pada bagian kaki-kaki, sudah ada velg allow wheel berdiameter 15 inci dan memakai ban berukuran 185/55 R15. Berbagai teknologi canggih sudah ada pada mobil berbanderol 100 Jutaan ini, jadi sobat otomotif bisa memilihnya sebagai mobil murah terbaik di Indonesia. Terlebih didalamnya sudah ada fitur keamanan dan keselamatan sangat lengkap.

Fitur Keamanan dan Keselamatan
Fitur keamanan berupa Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System sudah ada didalam Honda Brio RS CVT maupun manual. Kemudian untuk fitur keselamatannya, sudah ada Dual Front SRS Airbags yang siap melindungi penumpang depan ketika terjadi benturan, atau ketika terjadi kecelekaan. Selain itu, tersedia pula indikator yang mengingatkan penumpangnya untuk memakai sabuk pengamanan. Lebih hebatnya lagi, Honda Brio RS memiliki struktur rangka G-CON + ACE yang melindungi kabin ketika terjadi kecelakaan.

Baca Juga :

Untuk menyempurnakan sistem keselamatan Honda Brio RS, sudah ada teknologi Side Impect Beam yang berguna untuk meredam benturan ketika tertabrak dari sisi samping. Lalu ada pula sabuk pengaman dengan teknologi Pretensioner dan Load Limeter yang membuat berkendara semakin aman. Sayangnya tidak tersedia sensor Parkir, mengingat harga Honda Brio RS belum memungkinkan pemakaian teknologi tersebut. Lalu berapa sebenarnya harga Honda Brio RS CVT dan Brio RS Manual. Untuk mengetahuinya, silahkan simak daftar harga berikut ini.

Meski tak masuk kategori mobil LCGC, namun harga Honda Brio RS tetap terjangkau. Bagi peminatnya, harus merogoh kocek mencapai 159 Jutaan untuk membeli varian manual. Sedangkan bagi yang lebih suka transmisi automatic, harus rela mengeluarkan uang mencapai Rp. 174 Jutaan. Desain mobil ini memang terlihat lebih sporty dibandingkan mobil mungil sekelasnya, jadi tak hayal apabila Honda Brio jauh lebih diminati. Terlebih sudah tersedia Honda Brio RS Matic yang lebih nyaman dikendarai, terutama bagi pengendara wanita yang kesusahan memakai mobil manual.

Mungkin Anda Menyukai