Porsche 718 2018

Porsche 718 2018

Identitas Porsche sebagai salah satu brand yang konsisten memberikan sensasi berkendara impresif tidak pernah berubah sejak 7 dekade terakhir. Terlebih Porsche juga terus menelurkan varian-varian spesial yang memiliki performa di atas rata-rata di setiap modelnya, salah satunya varian GTS (Gran Turismo Sport).

Sekedar informasi, varian GTS di keluarga Porsche saat ini bisa dikatakan memiliki positioning yang cukup tinggi dibandingkan varian Porsche ‘regular’. Lebih detail, posisi GTS dalam taksonomi Porsche berada di tengah-tengah antara varian S dan varian Turbo sebagai top-range. Di atas varian Turbo, masih terdapat edisi spesial (seringkali diproduksi terbatas) Porsche, mulai dari GT3, GT3 RS, GT2 RS, dan R, yang lebih banyak bisa dinikmati oleh keluarga Porsche 911.

Dalam hal desain, Porsche memang agak ‘over’ konsisten akibat desain yang dibuat mirip baik dengan generasi pendahulu maupun varian yang sama dengan generasi saat ini. Alhasil, dibutuhkan kejelian mata yang cukup tajam untuk bisa memaham detil-detil sederhana yang diberikan Porsche untuk memperkuat karakter fisik sports car ini dibandingkan generasi sebelumnya maupun dengan level varian yang berbeda.

Lalu apa yang membuat eksterior Porsche 718 Cayman GTS 2018 ini terasa lebih spesial dan unik ketimbang varian 718 Cayman lainnya yang dipasarkan di Indonesia? Berikut adalah ulasan lengkap eksterior Porsche 718 Cayman GTS 2018.

Tampak depan Porsche 718 Cayman GTS 2018 memiliki pendekatan lebih sporty ketimbang 718 Cayman pada umumnya. Ia kini dibekali apron depan ‘Sport Design’ yang menekankan karakter sporty sekaligus dirancang lebih aerodinamis.

Adapun ciri khas varian GTS bisa ditelusuri dari redesain modul headlight LED yang kini dibalut kelir hitam, serta lis bumper depan diberi aksen kelir hitam. Di luar detil khas varian GTS, ia tetap memiliki desain keseluruhan layaknya 718 Cayman, termasuk desain kap mesin yang lebih landai ketimbang area sisi bodi depan.

Ciri khas desain 718 Cayman tetap dipertahankan di eksterior Porsche 718 Cayman GTS 2018. Air scoop berukuran masif tetap ditempatkan di belakang pintu mobil, yang menandakan mobil ini menggunakan konfigurasi mesin tengah alias mid-engine. Namun jika diperhatikan pada area pintu, kini Porsche menyematkan emblem GTS yang menjadi pembeda varian ini dengan 718 Cayman lainnya.

Porsche 718 Cayman GTS juga tetap mempertahankan menghadirkan sentuhan accent trim di bagian buritan. Hal ini dilakukan untuk penempatan logo ‘Porsche’ sekaligus mempertegas proporsi desain sporty. Sentuhan detil ini juga menjadi “kamuflase” dari sistem rear wing yang aktif secara otomatis saat sports car ini berlari di atas 120 km/jam.

Interior Porsche 718 Cayman GTS 2018 banyak mengandung nuansa khas mobil sports car yang kental akan nuansa motorsport. Pemilihan material alcantara hitam mendominasi area kabin, menemani material leather dan aluminium yang bisa ditemukan pada area interior sports car ini. Pada area instrument cluster seperti takometer juga menggunakan detail logo GTS, dan pada layar TFT di instrument cluster akan menampilkan logo GTS setiap kali mobil dinyalakan. Dan untuk setir sudah menggunakan GT sports steering wheel berdiameter 360 mm dengan balutan alcantara di area lingkar kemudi.

Di antara keluarga 718 Cayman, Porsche 718 Cayman GTS 2018 jelas menjanjikan esensi sebuah sports car lebih nyata bagi Porsche Purist. Bahkan berdasarkan uji pengetesan di sirkuit Nurburgring, Jerman, ia mencatatkan waktu 7:40 menit, 2 detik lebih cepat dari 718 Cayman S.

Berbekal upgrade performa dan handling, varian top dari 718 Cayman ini pastinya lebih proper dan siap untuk diajak beradu kecepatan trackday di weekend, tanpa harus mengurangi sisi kenyamanan dan kemudahan berkendara kala digunakan di weekday. Dan apabila karakteristik sports car seperti ini yang Anda butuhkan, maka Porsche 718 Cayman GTS 2018 bisa menjadi opsi mobil baru Anda kali ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *