Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017

Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017

G-Class adalah salah satu ‘anomali’. Dari sejak debut pertama kali di tahun 1979 sampai saat ini, bentuknya selalu konsisten mengkotak dan hanya sedikit mengalami perubahan tampilan yang hanya bisa dilihat jika menggunakan mata yang detail.

Tapi beda kasusnya dengan Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017. Ya mobil yang diproduksi ekslusif oleh sub-brand Mercedes-Maybach sebanyak 99 unit ini menjadi representasi mobil off-road safari paling mewah yang diproduksi secara massal, plus ini juga menjadi awal chapter baru bagi lini Geländewagen.

Memiliki postur tubuh 5.345 mm x 2.110 mm x 2.335 mm (Panjang x lebar x tinggi) plus wheelbase mencapai 3.428 mm memang mengakibatkan SUV ini terlihat sangat bongsor, dan seolah mengikuti bahasa desain G 63 AMG 6×6 dan G 500 4×4². Namun Mercedes-Maybach tetap memberikan unsur ekslusifitas yang tidak akan pernah ditemui di lini G-Class manapun.

Dari tampak depan, Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017 memiliki ciri khas wajah khas G-Class yang dipermanis dengan aksen chrome-plated double louvre radiator grille. Adapun di area bawah bumper yang memiliki air scoop berukuran besar, terdapat underguard berkelir silver yang menambah kesan gagah selain hadirnya overfender berbahan carbon fibre.

Untuk headlight mengikuti standar dari Mercedes-Benz G-Class terkini, yang sudah mengadopsi teknologi pencahayaan LED Daytime Running Lights dengan Bi-Xenon Headlamp.

Ada alasan khusus mengapa Mercedes-Maybach menambahkan nama ‘Landaulet’ di model ekslusif mereka satu ini. Ya, jika diperhatikan di area area atap dari pilar B hingga D, di area tersebut mengusung konsep soft-top yang menjadi inti dari Landaulet. Atap soft-top ini bisa dibuka tutup dalam waktu 16 detik saja.

Sekedar informasi, Landaulet sendiri merupakan konfigurasi atap mobil dimana bagian atap depan dibuat fixed roof, sedangkan bagian belakang mobil dibuat convertible mengusung atap soft top. Konfigurasi atap ini sudah melekat dengan varian-varian ultra mewah Mercedes-Benz, sebut saja Benz 25/45 PS di tahun 1910, Mercedes-Benz 300d Landaulet (1960), Mercedes-Benz 600 Pullman Landaulet (1964), Maybach Landaulet (2008), dan kini tradisi berlanjut ke Mercedes-Maybach G 650 Landaulet.

Ada dua zona kabin yang disajikan di Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017. Zona awal yang akan kami bahas ialah zona ‘G-Cockpit’ yang menjadi area bermain bagi pengemudi dan penumpang depan. Secara desain tidak banyak perbedaan dengan Mercedes-Benz G-Class, namun dibalut material leather yang premium dan layar COMAND 8 inci.

Untuk area setir menggunakan format palang empat dengan adanya tombol multifungsi untuk audio dan MID, serta sudah didukung paddle shift untuk pergantian gigi transmisi tanpa harus tangan terlepas dari setir.

Soal fitur Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017 membawa pendekatan privasi dan ekslusifitas khas jet first class, namun dikemas dalam bentuk kendaraan tangguh seperti G-Class pada umumnya.

Untuk itu secara fitur yang paling menonjol dan bisa dikulik lebih dalam dari Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017 ialah fitur kenyamanan yang sangat terfokus di area belakang, dimana penumpang belakang memang diperlakukan bak VVIP di mobil SUV ini.

Di sisi lain dengan ‘keunikan’ yang dimiliki G-Class memungkinkan adanya varian-varian yang dibuat khusus untuk menjaga hegemoni Geländewagen yang sudah diproduksi lebih dari ¼ juta kendaraan dari pabrik Magna Steyr di Graz, Austria, baik model produksi 460 (1979–1990) dan 461 (1990–2001), serta 463 (1990–sekarang). Salah satunya Mercedes-Maybach G 650 Landaulet 2017 yang menjadi ikon sekaligus pembuktian bahwa G-Class bisa juga menjadi mobil safari ‘rasa’ first class.

Mungkin Anda Menyukai