Mercedes-Benz GLE 2019

Mercedes-Benz GLE 2019

Mercedes-Benz GLE 2019 merupakan reinkarnasi dari M-Class yang menjadi lini produk kendaraan mewah asal Jerman sejak 1997 hingga 2015 lalu. Berada dalam segmen SUV yang lebih kecil dari GLC-Class dan lebih besar dari GLS-Class, GLE yang telah diproduksi di Indonesia adalah ‘pendulang emas’ bagi Mercy.

Kompetisi SUV yang gila-gilaan membuat Mercy akhirnya memperkenalkan generasi terbaru Mercedes-Benz GLE yang akan diluncurkan 2019 mendatang. Dengan desain ulang yang komprehensif, Mercy memberikan rombakan eksterior dan tambahan teknologi terbaru, apalagi fascia depan berkarakter off-road lebih diperjelas.

Dari depan, GLE mendapatkan perubahan gril segi delapan, tambahan pelapis krom dan bonnet dua baris dengan desain headlamp yang khas. Lampu depan LED Multibeam dibuat lebih sipit dan tegas serta mampu menghasilkan cahaya maksimum, yaitu kecerahan lampu utama pada jarak lebih dari 650 meter. Dibandingkan generasi ketiga, bagian depan GLE 2019 terlihat lebih tegas dan elegan.

Dilihat dari samping, pilar C khas GLE terlihat lebih kokoh dibandingkan generasi ketiga yang dijual di Tanah Air. GLE bertumbuh dengan peningkatan wheelbase 3.1 inci. Secara langsung memberikan ruang kaki belakang yang lebih lapang 2.7 inci dan membantu memberi ruang bagi jajaran kursi baris ketiga opsional. Roda standar 19 inci diberikan, meskipun konsumen bisa mengganti dengan roda besar 22 inci.

Otot bahu memanjang dari pilar C ke lampu belakang memberikan kesan bertenaga. Sisi belakang juga mendapatkan sedikit perubahan dengan lampu belakang ramping, mengingatkan kita ada CLS terbaru. Lamp belakang Ultra-bright LED menjaga GLE tetap terlihat meskipun berkendara di jalanan berkabut.

Mercedes menjelaskan bagaimana interior Mercedes-Benz GLE 2019 tidak hanya mendapatkan peningkatan untuk kenyamanan berkendara di jalan, tetapi “karakter superior off-road untuk semua kondisi jalan” sebagaimana dijelaskan oleh Ola Källenius, corporate research lead di Daimler and Mercedes-Benz dalam keterangan resmi perusahaan. “[Kenyamanan] ini menunjukan determinasi kami sebagai pemimpin di segmen SUV”.

Sepasang layar 12,3 inci merupakan standar pada setiap GLE dan menjalankan sistem infotainment terbaru dari Mercedes. MBUX yang ditempatkan di kabin yang telah didesain ulang sepenuhnya memberikan permukaan dasbor yang elegan. Konsol tengah yang baru memiliki sepasang pegangan di kedua sisi selektor gigi yang mengingatkan kita pada Porsche Cayenne generasi pertama.

Roda kemudi sporty datang dengan gaya yang mencolok, sesuai dengan desain eksterior yang impresif. Bagian setir mendapatkan pembaharuan yang lebih elegan dibandingkan versi terdahulu. Desain lama yang kudet dan terkesan jadul mendapatkan desain tombol baru yang lebih mewah dan beragam.

Meskipun begitu, Mercedez tetap memberikan seluruh tenaganya untuk Mercedes-Benz GLE 2019 mengingat peningkatan teknologi menyeluruh yang ditampilkan. Meskipun begitu, kompetitor lain yang sudah menawarkan tenaga listrik menjadi satu kekurangan GLE saat ini.

Secara keseluruhan Mercedes memang mencoba membuat image GLE mampu berkendara di semua kondisi jalan hingga off-road dengan menampilkan foto-foto dimana SUV mewah ini rekreasi sambil mendaki gunung. Opsi kursi baris ketiga juga menekankan bahwa GLE menyasar konsumen dari kalangan keluarga.

Masih banyak yang bisa dikulik lagi dari GLE mengingat SUV mewah ini akan mendapatkan panggung pertamanya di Paris Motor Show Oktober nanti. Dan kehadiran GLE di Indonesia pastinya akan menimbulkan persaingan SUV mewah yang juga dihuni oleh BMW dan Lexus.

Mungkin Anda Menyukai