Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018

Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018

Apakah kedatangan Mercedes-Benz A 200 2019 bisa kembali menggoda generasi muda yang sangat menjunjung tinggi kendaraan kompak yang stylish, asyik dikemudikan, dan dipadukan teknologi mutakhir?

Evolusi besar-besaran pun terjadi saat Mercedes-Benz A-Class memasuki generasi ketiga dengan kode bodi W176 yang lahir di periode 2012-2018. Lewat generasi ketiga Mercedes-Benz A-Class inilah dibentuk fondasi awal lahirnya keluarga baru Mercedes-Benz di ranah SUV (Mercedes-Benz GLA) dan ranah sedan kompak (Mercedes-Benz CLA & Mercedes-Benz CLA Shooting Brake) premium yang sama-sama mencomot basis hatchback ini.

Bagaimana dengan Mercedes-Benz A-Class generasi keempat? Sejak awal debut mobil ini di Kuartal pertama di 2018, Mercedes-Benz A-Class sudah dibentuk sebagai kendaraan dengan dua versi bodi, yakni 5-door hatchback (W177), 4-door sedan (V177), dan long-wheelbase sedan khusus pasar China (Z177).

Mengusung basis front-wheel drive MFA2 (Modular Front Architecture), Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 menjadi model Mercedes-Benz pertama yang mengusung filosofi desain Sensual Purity, dimana filosofi ini mencakup tiga aspek yakni ‘sportiness, dynamism, and emotion’. Untuk mengulas lebih detail hatchback ini, berikut ulasan dari eksterior depan, samping, hingga belakang.

Demi menjadikan mobil ini sebagai pusat perhatian, Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 mengusung konsep desain fascia depan dengan bonnet rendah, dipadukan dengan grille berukuran masif dengan detil logo ‘Three Pointed Stars’ berukuran besar dan detil berupa aksen chrome di area tengah grille berbentuk jaring kotak diamond berkelir hitam, yang merepresentasikan kembali bentuk grille Mercedes-Benz A-Class generasi terdahulu (W176). Bentuk desain grille inilah yang kemudian turut disajikan di area bumper, khususnya pada kisi-kisi air inlet.

Bicara soal desain headlight Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018, terasa pendekatan desain lebih tajam dan pipih. Kini headlamp sudah mengusung teknologi LED High Performance yang terintegrasi pada LED daytime running lights. Lekuk desain Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 mengisyaratkan karakter Mercedes-Benz A Class yang lebih dinamis tanpa kelihangan citra urban muda masa kini.

Jika dilihat dari sisi samping, mobil berpostur panjang 4.419 mm x lebar 1.796 x tinggi 1.440 mm (note: lebih panjang 120 mm x lebih lebar 16 mm x lebih tinggi 6 mm dari generasi ketiga Mercedes-Benz A-Class) ini memiliki garis desain yang lebih melandai dari area bonnet depan serta berpadukan garis beltline yang hadir mengikuti garis tertinggi dari headlight sampai ke taillight belakang.

Untuk memberikan kesan mobil ini lebih maskulin dan lebih berotot, pada area samping disematkan pula detil lekuk garis desain yang memanjang dari area pintu depan hingga belakang dengan proporsi lebih tinggi di area belakang. Garis desain ini seolah mengapit bentuk velg 5-spoke 18 inci.

Salah satu detil menarik di area belakang ialah penggunaan taillight yang terbagi pada dua bagian, dimana masing-masing bagian taillight tergabung dalam satu baris line yang dinamis.

Adapun jika diperhatikan di buritan belakang terdapat detil berupa rear roof spoiler yang dipadukan dengan aksen panel hitam di sisi kaca belakang mobil. Pada area ruang bemper belakang Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 terdapat detil berupa panel chrome yang seolah menyatukan frame dari exhaust yang dibalut aksen chrome.

Mercedes-Benz secara khusus membuat desain dashboard yang unik, dimana tidak lagi ditemukan panel cowl yang biasanya hadir di atas kokpit. Efeknya pada desain dashboard terasa lebih panjang dan menyatu dengan detil dari sisi pintu pengemudi dan penumpang depan tanpa adanya diskontinuitas visual.

Dashboard juga terbagi menjadi dua bagian horizontal berbentuk tiga dimensi, dimana bagian bawahnya memiliki “celah” yang membuatnya tampak terpisah dari badan utama dashboard, serta terlihat melayang di depan dashboard.

Bicara soal trim, Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 menggunakan trim carbon-fibre look dengan ARTICO leather upholstery, Selain itu Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 sudah menggunakan Multifunction Sport Steering Wheel.

Di dalam area tombol di setir, terdapat sepasang trackpad yang bisa digunakan untuk mengatur baik tampilan display di instrument cluster maupun di konsol tengah, yang kini sudah mendukung sistem teknologi infotainment canggih MBUX.

Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 menggunakan mesin baru berkode M 282 dengan spesifikasi 1.33 liter 4-silinder turbocharger berkekuatan 163 dk dan torsi 250 Nm. Mesin Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 memiliki inovasi seperti deactivation cylinder, lapisan NANOSLIDE dan Eco-Tough, serta penutup silinder dan kepala silinder berbentuk delta.

Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 mendefiniskan karakter mobil Mercedes-Benz yang dibuat khusus untuk kalangan muda dan millenial yang beraktifitas di kawasan urban. Sejak impresi awal, Mercedes-Benz A 200 Progressive Line sudah menunjukkan jati dirinya sebagai hatchback urban yang sangat menarik untuk diajak melintasi jalanan perkotaan, baik dengan kondisi lenggang maupun kepadatan tinggi.

Soal karakter berkendara tetaplah Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 membawa panji-panji keasyikan dan kenyamanan berkendara khas ‘Three Pointed Star’. Apalagi dengan mesin powerful nan efisien, serasa berpetualang dengan Mercedes-Benz A 200 Progressive Line 2018 melewati hutan beton (gedung pencakar langit,red) ataupun jalanan perkotaan makin menyenangkan.

Mungkin Anda Menyukai