McLaren 600LT 2018

McLaren 600LT 2018

Banyak pabrikan otomotif, khususnya para pemain mobil sports car dan super car yang merancang edisi spesial dengan konsep ‘track-ready’ dari lini produk mereka saat ini. Salah satunya adalah Mclaren Automotive dengan edisi khusus ‘Longtail’ yang sudah melegenda selama dua dekade terakhir.

Nama ‘Longtail’ sendiri cukup sakral di dalam historis motorsport McLaren, dimana nama tersebut mengisyaratkan sebuah mobil McLaren yang lebih fokus pada performa dan kesenangan berkendara hingga mencapai puncak kemampuan tertingginya.

Melalui McLaren 600LT 2018, McLaren Automotive terus mempertegas makna longtail yang sudah dibawa selama dua decade oleh sang legenda McLaren F1 GTR ‘Longtail’, serta edisi terbatas McLaren 675LT Coupe dan Spider. Dan McLaren Automotive mengklaim inilah lini model McLaren Sport Series terkuat yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Woking, Inggris ini.

McLaren 600LT 2018 mengambil basis dari McLaren 570S Coupe, sehingga ia masih berada dalam ‘teritori’ Sport Series yang notabene secara ‘kasta’ di bawah Super Series dan Ultimate Series. Namun mengingat ia membawa nama LT alias Longtail, maka pengerjaan di area eksterior sangat diperhatikan secara detil, demi mengejar karakter mobil sport aerodinamis yang sanggup disiksa habis-habisan di lintasan trek balap, tapi tetap bisa ‘sopan’ saat berada di jalan raya.

Hasilnya, McLaren 600LT memiliki 23% komponen berbeda, postur bodi lebih panjang 74 mm, bobot 96 kg lebih ringan, material carbon fibre dimana-mana, serta tambahan part khusus yang membedakannya dengan McLaren 570S Coupe.

McLaren meracik tampilan depan McLaren 600LT 2018 dengan membubuhkan detil tambahan front splitter dari serat karbon di area fascia depan. Untuk mengejar bobot lebih ringan, McLaren juga menyediakan opsi dari McLaren Special Operations (MSO) berupa vented carbon fibre front fenders.

Di samping pengetatan bobot dan penambahan detil aero, McLaren turut memberikan imbuhan aksen tulisan ‘600LT’ yang bisa dilihat di area headlight.

Tampak samping McLaren 600LT 2018 sekilas terasa tidak berbeda jauh dengan basisnya, McLaren 570S. Satu area yang paling terasa berbeda ialah panel side sills, yang menggunakan material carbon fibre untuk mengejar bobot super ringan. Kalau mau lebih ekstrem, masih tersedia opsi carbon fibre roof yang disediakan oleh MSO.

Area belakang McLaren 600LT 2018 memiliki pendekatan ubahan yang lebih signifikan dibanding area lain di sports car ini. Mulai dari penggunaan diffuser belakang yang lebih panjang, serta fixed rear wing di area belakang, semuanya menggunakan material carbon fibre.

Selain bisa meningkatkan aero McLaren 600LT 2018, fixed rear wing ini juga dibalut dengan heat-proof coating. Soalnya McLaren menempatkan exhaust dengan konsep top-exit pipes, yang posisinya persis di depan area sayap mobil tersebut.

Interior McLaren 600LT 2018 sejatinya tidak berbeda jauh dengan McLaren 570S Coupe. Hanya saja untuk memberikan nuansa kokpit khas mobil balap yang minimalis namun fokus kepada pengemudi, McLaren menyematkan detil berupa material alcantara super ringan untuk edisi spesial McLaren ini.

Dalam kondisi standar, McLaren 600LT 2018 menggunakan Carbon Fibre Racing Seats yang diambil dari McLaren P1. Masih tersedia juga opsi dari MSO berupa Super-Lightweight Carbon Fibre Seats yang digunakan pada edisi terbatas McLaren Senna, bisa digunakan di McLaren 600LT 2018.

Agar pengemudi bisa merasakan sensasi mobil lebih ‘beringas’, McLaren turut meracik steering rack hingga respon pedal gas dan rem. Tak lupa ubahan pada engine mounting, serta penempatan exhaust yang posisinya setara dengan bahu pengemudi, menghasilkan karakter berkendara yang sigap, cepat mengikuti respon pengemudi, serta mampu menyalurkan soundtrack dan sensasi mesin yang lebih terasa di dalam kabin.

Capaian impresif tersebut disebabkan oleh 2 hal. Pertama ialah sistem pendingin mesin yang dirombak sedemikian rupa agar bisa menyedot asupan udara lebih baik ke mesin. Hal lainnya ialah dengan cara menempatkan exhaust lebih dekat dengan mesin, bahkan posisinya jauh lebih ekstrem dibanding McLaren Senna. Efeknya ialah back pressure (tekanan balik) di exhaust bisa berkurang.

Harga tersebut disertai paket Pure McLaren Road Owner Track Day experience, dimana pemilik McLaren 600LT 2018 bisa belajar mengeksporasi sang tunggangan langsung di atas trek balap bersama trainer ahli.

Agak disayangkan, tidak ada informasi berapa unit produksi yang akan diberikan untuk McLaren 600LT 2018, serta berapa kuota yang mungkin tersedia untuk pasar Indonesia. Namun rasanya tidak menutup kemungkinan, miliarder atau konglomerat Tanah Air berani menggelontorkan dana selangit demi mendatangkan McLaren 600LT 2018 ke Indonesia. Semoga hal tersebut terjadi.

Bisa dipastikan, untuk bisa menaklukan sports car ini tidak hanya bicara soal skill mengemudi yang harus mumpuni. Siapapun milarder maupun konglomerat yang ada dibalik kemudi McLaren 600LT 2018, harus sangat fokus (dan punya nyali besar) untuk bisa memenuhi target ataupun batas tertinggi dalam kemampuan berkendara yang bisa dicapai oleh dirinya maupun sang kendaraan.

Atas alasan tersebut, sekalipun mobil ini bisa untuk dibawa di jalan raya selayaknya mobil normal, kami sangat merekomendasikan untuk Anda menyewa 1 trek balap kesukaan Anda. Dan silakan berpuas ria mengeksplorasi sensasi berkendara intens dari edisi spesial McLaren yang satu ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *