Mazda6 Elite Sedan 2018

Mazda6 Elite Sedan 2018

Sedan premium ini memang masuk kedalam sedan menengah dan akan bertarung dengan beberapa rival kuatnya seperti Toyota Camry, Nissan Teana hingga Honda Accord. meskipun kini Camry tetap masih bertengger dipucuk tertinggi, bukan tidak mungkin publik akan beralih kepada Mazda6 yang notabene terlihat lebih sporty, agresif dan tentunya asyik untuk dikendarai sendiri. Memang masih ada beberapa anggapan bahwa brand Jepang belum begitu sebaik brand Eropa yang premium, namun hal ini dapat ditepis oleh Mazda.

Selain Lexus yang merupakan anak dari Toyota yang mengusung brand premium asal negara matahari terbit, Mazda pun sudah menjadi brand premium di awal kemunculannya. Kehebatan Mazda dalam meracik mobil, bukan hanya kaya fitur dan teknologi khas SKYACTIV, namun juga desain yang jauh berbeda dengan pendekatan desain filosofi Kodo Soul of Motion yang merupakan gabungan dari unsur keindahan dan kekuatan, seperti cheetah sedang menangkap mangsa atau gerakan pedang “kendo” ketika melakukan serangan.

Filosofi ini yang sudah hadir pada generasi-generasi terbaru dari Mazda termasuk salah satunya All New Mazda6 Elite Sedan. Memanfaatkan momen yang tepat dalam ajang GIIAS 2018, PT Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) Mazda meluncurkan All New Mazda6 Elite Sedan 2018 bersamaan dengan All New Mazda6 Elite Estate 2018.

Perombakan habis-habisan ada pada bagian eksteriornya, ini yang membuat Mazda6 2018 lebih menarik dari generasi sebelumnya. Hal unik ada pada eksterior antara Mazda6 varian Sedan dan Estatenya, keduanya sangat mirip dari luar terutama bagian depan, mari fokus pada varian sedan yang sebentar lagi akan dibahas.

Grill depan membuat kita sekilas mengingat mobil asal Inggris yaitu Jaguar. Tentu desain grill ini bukan ingin mencontek, tetapi merubah Mazda6 Sedan 2018 ke arah lebih positif. Model trapezodial di grill ini sangat menarik, lalu di bagian lampu utama menggunakan Adaptive LED Headlight (AHL) yang ditunjang dengan LED with Automatic Levelling dan Daytime Running Light (DRL) yang juga disempurnakan dengan Automatic on/off function.

Mazda6 tampil dengan list krom menyelimuti kaca sampingnya, serta garis lekuk bodi tipis yang bergerak hingga ke samping pintu depan mobil. Pada kaca spion mobil telah menggunakan pengaturan full elektrik ditambah Power Fold dan side turning lamps. Untuk memperkuat citra mewah di sedan ini, Mazda menghadirkan desain pelek terbaru berukuran 19 inci.

Pada bagian belakang, sama seperti sisi depan, masih dibekali lampu LED pada lampu belakangnya. Sama seperti varian Estatenya, terdapat list krom ditengah yang menyambungkan antara kedua sisi lampunya, bukan seperti menyambungkan saja, melainkan garnish ini memberikan pesan bahwa sedan ini semakin mewah. Mazda6 Sedan 2018 ini memiliki beberapa pilihan warna, diantaranya Snowflake White Pearl Mica, Soul Red Crystal, Jet Black Mica, dan Machine Grey Metallic.

Secara umum, interior mobil ini sangat mewah, kenyamanan akan mudah Anda dapatkan ketika memasukinya. Semua faktor mendukung, mulai dari warna kabin, warna dashboard, material kursi bahkan hingga penggunaan sound speaker yang membuat suara jauh lebih enak didengar. Desain dashboard ini tidak banyak cenderung simple namun jika diperhatikan memang lebih banyak ruang kosong, tetapi siapa sangka fitur berlimpah ada pada head unit MZD Connect yang akan dijelaskan lebih lanjut pada point fitur.

Penampilan dashboard cukup penting, pada Mazda6 Sedan ini material dashboard soft touch dengan bahan Ultrasuede. Bahan ini menjadi bahan pilihan dan tentu menaikan kelas Mazda6 Elite Sedan ke arah yang lebih mewah lagi. Di sisi tengah terdapat Center display berukuran 8 inci yang sengaja dibuat sedikit ke atas dashboard. Layar canggih ini membentuk keseimbahan antara kabin dengan teknologi terbaik dari Mazda, dan kami rasa juga meningkatkan kemudahan penggunaan jarak pengelihatan pengemudi.

Selain banyak fitur modern, kemudi pada Mazda6 Sedan juga terbilang proporsional. Untuk hal desain tidak perlu diragukan, bukan cuma desain namun material yang digunakan juga cukup baik. Terdapat pengaturan yang dapat dengan mudah dikendalikan dari sisi kemudi bagian kiri dan kanan, seperti tombol audio, lalu cruise control, voice command, hingga telepon.

Salah satu keunggulan Mazda dibanding brand Jepang lainnya adalah dari fitur hiburan dan teknologi di dalam kabin. Sistem infotainment MZD Connect pada dashboard menjadi salah satu pembedanya, fitur ini lengkap mulai dari audio, telepon hingga navigasi.

Tampilan yang unik dan mudah dipahami membuat pengguna semakin nyaman, pengaturan dapat dilakukan dengan tiga cara, melalui center console ditengah kursi baris pertama, switch audio, telepon pada kemudi, dan terakhir menyentuh langsung layar ketika mobil berhenti.

Selain memiliki keunggulan dari bahasa desain dan fitur teknologi out of the box, Mazda juga memiliki keunggulan dari sistem dapur pacu khas yaitu mesin SKYACTIV. Mazda tetap menggunakan mesin andalannya SKYACTIV-G 2.5 inline-4 Cylinder DOHC 16 valve. Mesin ini memiliki rasio kompresi hingga 13,0:1, mesin ini juga termasuk efisien dalam hal bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan sebesar 190 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimal 252Nm pada 4000 rpm.

All New Mazda6 Elite Sedan jadi angin segar dikala segmen ini sedang lesu dengan tren penjualan yang tidak kunjung meningkat. Namun kehebatan Mazda dalam mendesain serta membuat perubahan baru pada Mazda6nya, penjualan 8 unit dalam ajang GIIAS 2018 sudah sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa jika ada perbedaan serta keunikan dari sedan lain, akan membuat mobil tersebut tetap laku dan menjadi magnet kuat bagi pecinta sedan di tanah air.

Author: jordan smith