Mazda CX 7 2009 

Mazda CX 7 2009

Mazda CX 7 merupakan mobil crossover SUV yang diproduki oleh Mazda dari tahun 2006 hingga 2012. Walaupun singkat, mobil ini cukup mendapatkan pujian karena kemampuan Mazda dalam memproduksi mobil ini secara mandiri tanpa sentuhan dari Ford. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2006, mobil ini mendapatkan sedikit pembaruan di tahun 2009 berupa facelift. Apa saja kemampuan dan fitur yang ditawarkan oleh mobil yang cukup premium di kelas mid-size SUV? Berikut ini review mobil Mazda CX 7 2009

Mazda CX-7 hadir pertama kali di tahun 2006 di Los Angeles Auto Show dan didesain seluruhnya dari Mazda, tanpa adanya sentuhan dari Ford. Sebagai mid-size SUV, mobil ini memberikan kenyaman dan kemewahan yang cukup premium kepada penumpangnya. Tetapi umur dari Mazda CX-7 ini memang tidakterlalu lama karena munculnya Mazda CX-5 yang lebih compact dibandingkan CX-7 ini. Model tahun 2009 menjadi model terakhir yang dipasarkan untuk model Mazda CX-7 dan mobil ini berhenti diproduksi pada tahun 2012 sehingga mobil ini kehadirannya cukup langka di pasaran.

Desain eksterior dari Mazda CX-7 didesain cukup elegan dan juga aerodinamis untuk sebuah mobil SUV. Dari luar, kita bisa melihat mobil ini memiliki kesan sport yang cukup kuat dan bisa digunakan untuk berbagai kondisi jalan. Walaupun tanpa menggunakan banyak aksesoris seperti roof rack.

Bagian depan mobil ini mendapatkan pembaruan di bagian fog lamp dan juga headlamp yang lebih modern dibandingkan dengan versi awalanya.

Di bagian ini desain CX-7 nampak sangat sporty dan juga elegan. Velg yang cukup besar dengan desain body aerodinamis, tampak cukup meyakinkan untuk digunakan dalam berbagai kondisi jalan.

Bagian belakang dibuat cukup sporty dengan adanya rear skid plate dengan rear lamp yang cukup besar serta light reflector di bagian bumper belakang.

Bagian interior Mazda CX-7 dibuat cukup mewah walaupun masih menggunakan material plastik dan lapisan chrome di beberapa bagian. Bagian interior memiliki dua pilihan yaitu warna hitam dan juga warna beige yang elegan. Kualitas build bagian interior ini juga bisa dibilang cukup rapih dan memiliki kualitas yang baik.

Bagian dashboard mobil ini cukup compact tanpa terlalu banyak hiasan yang berlebihan. Seluruh pengaturan mobil disimpan seluruhnya di bagian konsol tengah yang cukup besar dengan tombol-tombol yang cukup besar.

Bagian setir mobil ini didesain cukup canggih dengan pengaturan berbagai fitur yang langsung bisa Anda gunakan dari bagian setir. Agar kesan mewahnya terlihat, bagian ini juga diberi sedikit sentuhan chrome

Bagian kursi cukup nyaman dengan menggunakan bahan soft touch sebagai material utamanya. Bagian kaki dan kepala untuk penumpang dibaris kedua cukup luas sehingga penumpang bisa duduk nyaman

Untuk bagian bagasi, Anda tidak perlu khawatir karena kapasitas bagasi mobil ini sangat besar dan bisa membawa banyak barang bawaan Anda ketika berpergian.

Untuk bagian fitur keselamatan, mobil ini sudah menawarkan banyak fitur yang bisa membuat Anda aman ketika menggunakan kendaraan ini. Mobil ni sudah dilengkapi fitur safety airbag untuk penumpang dan juga pengemudi di bagian depan. Sistem pengereman menggunakan ABS dan juga EBD serta sistem brake assist yang bisa membuat Anda lebih presisi ketika akan mengerem.

Electronic Stabillity Control dan juga Traction Control sudah tersemat di dalam mobil ini sehingga Anda bisa berkendara lebih stabil. Untuk perlindungan lebih baik, mobil ini juga dilengkapi dengan Rollover Protection System.

Untuk bagian mesin, Mazda CX-7 menggunakan mesin MZR 2.3L 4 Silinder DOHC yang memiliki tenaga maksimal hingga 238 ps dengan torsi maksimal hingga 350 Nm. Mesin ini memang bertenaga cukup besar, tetapi dari segi responsifitas memang tidak terlalu baik. Untuk bagian kaki-kaki, mobil ini menggunakan sistem suspensi McPherson Strut dengan Independent Multilink. Sementara di bagian pengereman sudah menggunakan disc brake dengan velg berukuran 18 inci.

Secara umum, Mazda CX-7 2009 menawarkan kenyamanan dan juga teknologi yang cukup mumpuni untuk sebuah crossiver SUV. Dari segi desain dan juga fitur, mobil ini sebenarnya sangat menarik untuk dimiliki. Tetapi karena harganya yag cukup premium pada saat diluncurkan membuatnya jadi jarang kita temui di jalanan Indonesia. Mungkin itulah salah satu penyebabnya mengapa Mazda akhirnya memutuskan mengganti mobil ini dengan CX-5 yang lebih ramah di kantong warga Indonesia.

Bila ingin membeli mobil ini sebagai sebuah mobil harian tentunya bukan sebuah pilihan yang salah mengingat performanya memang cukup menjanjikan. Tetapi karena faktor usia, mungkin Anda juga harus sedikit menyisihkan uang untuk memperbaiki atau meningkatkan mobil ini di beberapa bagiannya terutama di bagian hiburan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *