Lamborghini Aventador SVJ 2019

Lamborghini Aventador SVJ 2019

Sudah sebulan lebih, kami dicekoki video-video teaser dari Lamborghini Aventador SVJ. Bentuknya masih bercorak loreng kala itu yang diklaim memiliki performa aerodinamis terbaik. Tak lama berselang, Lamborghini juga menyuguhkan video aksi sang jagoan, SVJ melahap lintasan balap Nürburgring dan berhasil mencatatkan rekor 6 menit 44 detik. Kami cukup kaget dibuatnya, melebihi rekor Lamborghini Huracán Performante yang berada di angka 6 menit 52 detik.

Kira-kira rahasia apa yang dibawa oleh Aventador SVJ ini? Bahkan, dengan berani kami mengatakan, mobil dengan sebutan SuperVeloce Jota ini, merupakan kendaraan Street-Legal Sport Car tercepat di sirkuit Nürburgring mengalahkan kedudukan terakhir Porsche 991 GT2. Sungguh mengesankan, bukan? Semakin lama kami mengetahuinya, semakin kami ingin menguak misteri dari performanya

Pertama, rancangan eksterior Lamborghini Aventador SVJ 2019 menggunakan material bodi ringan yang disebut Ultra-Lightweight. Tentu semakin ringan bodinya maka semakin cepat pula performa mesin yang dihasilkan. Pembuktiannya dapat dilihat pada bobot bodinya yang dipangkas 50 Kg lebih ringan daripada Aventador standar.

Pada sisi depan, terdapat ventilasi yang dipahat apik ke arah samping. Menyediakan Front Splitter yang sama dengan Performante yakni tempat dimana teknologi ALA bekerja. Sisi Bonnet aluminium-nya juga menawarkan keindahan serupa dengan tambahan ventilasi dan logo Lamborghini.

Side Skirt lebih besar, dipadu sentuhan tegas khas Lamborghini, memberikan sensasi ikonik daripada pesaing di kelasnya. Ukuran ban juga dibuat berbeda yakni 20 inci pada sisi depan dan 21 inci di ban belakang. Tak hanya itu, peleknya juga dihias makin pakem dengan ban terbaru yang disebut Pzero Corsa. Alhasil, terciptalah desain agresif, garang dan buas yang sukses menyampaikan performanya.

Bobot bodi ringan juga disumbangkan dari Rear Bumper maupun Spoiler-nya. Layaknya pada Performante, teknologi ALA nantinya akan disemburkan ke luar lewat lubang Intake dan disalurkan bagian bawah Rear Spoiler-nya. Sehingga, mampu memanfaatkan konsep aerodinamis untuk semakin mendongkrak performa mesin V12-nya.

Material Carbon Fiber juga tak luput untuk disematkan pada kabin interior Lamborghini Aventador SVJ 2019. Dipadu arsitektur bodi Monocoque, ruang kabinnya terancang cukup sempurna. Bahkan, seperti fungsinya yang kita kenal, racikan tersebut mampu meminimalisir benturan serta mengurangi bobot bodinya menjadi lebih ringan.

Fitur-fitur pada dasbornya masih bersifat opsional yang mana Anda bisa mengkostumisasi sebuah selera dan kebutuhan. Hal menarik bagi kami, dasbornya lebih menonjolkan konsep sporty dan agresif dengan kombinasi warna hitam dan aksen merah di beberapa sisinya.

Seperti desain setir Performante, bagian tengahnya nampak menggembung seakan mengisyaratkan sosok banteng pada logo kebanggaannya. Hal baru adalah didukungnya teknologi Lamborghini Dynamic Steering (LDS) yang terintegrasi dengan Lamborghini Rear-wheel Steering (LRS). LDS mampu beradaptasi dengan kecepatan dan mode berkendara yang Anda pilih.

Melirik sisi kursinya, desainnya cukup ciamik memadukan kelir hitam sebagai dasar dan aksen merah di bagian tengahnya. Dari kombinasi tersebut, kursinya sangat menunjang atmosfer sport nan agresif dalam kabinnya. Belum lagi, kursinya dibalut bahan kulit berkualitas, Alcantara yang selalu dikenal akan kenyamanan dan kemewahannya.

Lamborghini Aventador SVJ adalah model terbaru yang memanfaatkan hukum aerodinamis dikombinasikan dengan mesin buas 6.5 Liter V12. Hasilnya sangat mengesankan yang mampu menaklukan trek balap Nurburgring belum lama ini di catatan angka 6 menit 44 detik.

Namun sayangnya, mobil ini tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Bahkan, bisa dibilang, Lamborghini Aventador SVJ 2019 adalah salah satu model langka yang sengaja diciptakan khusus merayakan hari jadi Lamborghini di tahun 1963.

Apabila boleh diandaikan, mobil bergelar SuperVeloce Jota ini bukan hanya buas dalam hal kecepatan namun ia adalah sosok langka yang sedang menunggu-nunggu dan mengamati, siapa penunggang terpilih yang serius ingin menjinakkannya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *