KIA Sportage Diesel 2016

KIA Sportage Diesel 2016

KIA Sportage merupakan mobil bertipe small SUV yang dirancang untuk berkendara di dalam kota. Pada tahun 2016, KIA memberikan tampilan baru kepada KIA Sportage sehingga tampil lebih nampak sporty dibandingkan dengan seri sebelumnya. Selain menggunakan bahan bakar bensin, rupanya Sportage juga memiliki varian mesin diesel. Apa saja yang ditawarkan oleh KIA Sportage diesel kepada para pemiliknya? Berikut ini adalah review mobil KIA Sportage Diesel 2016.

Tahun 2016, KIA Sportage hadir kembali dengan desain yang lebih aerodinamis dibandingkan dengan model sebelumnya. Jika sebelumnya Sportage dibuat lebih sporty, maka kesan crossover bisa kita temukan dalam desain terbarunya ini. Selain menggunakan mesin bensin, KIA juga mencoba memberikan pilihan mesin diesel bagi Sportage 2016. Tetapi angka penjualan mesin diesel KIA Sportage 2016 memang tidak sebanyak penjualan mesin bensin di Indonesia. Padahal dari segi fungsionalitas mobil ini tidak terlalu berbeda dengan versi saudaranya tersebut.

Ketimbang disebut sebagai mobil sport, kesan crossover sebenarnya lebih bisa kita rasakan dari bagian eksterior mobil ini. Perubahan terbesar terdapat pada bagian wajah mobil ini sehingga penampakannya menjadi mirip seperti Nissan Juke.

Selain perubahan di bagian wajah, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan dibandingkan dengan KIA Sportage versi sebelumnya. Masih tetap terlihat sporty dan compact sehingga tidak terlalu membutuhkan baanyak ruang untuk bergerak di dalam kota.

Perubahan terbesar untuk mobil ini terletak di bagian depan. Headlamp dibuat menjadi lebih kecil dengan perubahan grill nose tiger yang lebih besar. Mungkin desain ini tidak terlalu menjadi favorit bagi banyak orang. Selain headlamp, perubahan lain di mobil ini adalah penggunaan fog lamp yang baru di bagian front bumper.

Bila di bagian depan mobil ini nampak sedikit aneh, maka bila dilihat dair samping sama sekali tidak ada masalah untuk mobil ini. Kesan sporty dengan bentuk yang cukup terlihat dari dari bagian depan hingga bagian belakang mobil ini. Bagian belakang benar-benar dibuat sangat sporty dengan rear lamp yang dinamis, light reflector di bagian bumper belakang , dan juga skid plate.

Bagian interior dari KIA Sportage Diesel 2016 bisa diblang cukup mengejutkan karena bagian ini di desain sangat mewah dan juga nyaman. Sebagian besar bagian interior menggunakan material plastik dan juga bahan soft touch degan kualitas pembuatan yang sangat baik.

Bagian dashboard menggunakan lapisan soft touch dengan desain yang cukup sederhanan. Di bagian tengah terdapat layar headunit 2din dengan pengaturan air conditioner yang sangat mudah untuk digunakan.

Bagian setir diberi lapisan kulit untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudi. Setir ini sudah bisa diatur secara tilt dan juga telescpic, sistem audio steering switch juga sudah terpasang di bagian ini.

Bagian bagasi bisa menampung barang cukup banyak dan dibuat datar seluruhnya sehingga bila Anda ingin menambah ruang bagasi cukup melipat kursi baris kedua.

Mobil ini dilengkapi dengan safety airbag di bagian pengemudi dan 3 point seatbelt sebagai fitur keselamata standar. Untuk memberikan kestabilan selama berkendara, mobil ini dilengkapi cruise control, sistem pengereman ABS dan juga EBD. Fitur Hill Start Assist dan juga Vehicle Stability Management juga menjadi salah satu ftur yang sangat membantu.

Untuk versi dieselnya, KIA Sportage menggunakan mesin DRCi 2.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 134 hp dengan torsi maksimal 373 Nm. Mesin ini tentunya sangat mumpuni untuk digunakan dalam sebuah mobil compact SUV yang dimensinya tidak terlalu besar. Di bagian kaki-kaki, mobil ini mengandalkan suspensi McPherson Strut untuk bagian depan, sementara di bagian belakang menggunakan suspensi jenis Multilink. Untuk velgnya menggunakan ring ukuran 18 inci sehingga membatnya nampak benar-benar gagah.

KIA Sportage Diesel 2016 merupakan sub compact SUV menjanjikan berbagai kenyamanan bagi penggunannya. Dengan beragam fitur dan juga kemewahan interior yang tersemat didalamnya mobil ini memang ditawarkan denga harga yang cukup premium.Terlepas dari desainnya yang mendekati mobil crossover, mobil ini sebenarnya cukup mmpuni untuk menjelajah berbagai medan jalan dengan mudah.

Dari segi tenaga, mesin diesel menjajikan tenaga yang lebih baik dibandingkan dengan mesin bensinnya. Tetapi, mobil varian diesel untuk Sportage memang cukup sulit ditemukan karena pasar Indonesia lebih fokus untuk menjual varian bensinnya. Jika mesin bukan hal utama bagi Anda, rasanya sah-sah saja untuk menggunakan versi bensinnya karena secara fitur dan kenyamanan tidak terlalu berbeda.

Mungkin Anda Menyukai