Kia Grand Sedona Diesel 2018

Kia Grand Sedona Diesel 2018

Awal dekade 2000-an, di tengah-tengah eforia atas kendaraan impor didatangkan utuh (CBU, completely knocked down) muncul satu sosok MPV bongsor yang langsung berhasi merebut perhatian konsumen di segmen mobil keluarga. Didatangkan utuh dari Korea, Kia Carnival sukses memikat publik yang sebelumnya praktis hanya ditawari mobil keluarga rakitan lokal berdesain dan fitur biasa-biasa. Desainnya stylish, interior lega dan dilengkapi fitur lengkap. Harganya pun menggiurkan, sekitar Rp 200 jutaan on-the-road.

Sayang, ketidaksiapan Kia di awal kehadirannya tersebut membuat mobil banyak dirundung masalah teknis sehingga pamornya pun meredup. Usianya pun sebentar karena kemudian PT Kia Mobil Indonesia (KMI) memilih fokus di segmen city car dan SUV.

Fast forward 16 tahun kemudian, KMI pun menghadirkan generasi penerus Carnival yang diberi nama Kia Grand Sedona 2016. Diawali dengan versi bermesin bensin, lalu disusul model diesel dua tahun kemudian (18/7). Di tengah-tengah penjualan yang terus merosot, KMI berharap kehadiran Kia Grand Sedona Diesel 2018 dapat menjadi amunisi ampuh.

Secara keseluruhan, Kia Grand Sedona 2018 hadir dengan desain cenderung kotak. Penampilannya memang belum sesuai bahasa desain Kia terkini, namun tetap enak dilihat dan dimensi 5 meter lebih membuatnya begitu mencolok dibandingkan rival-rivalnya.

Terdapat beberapa ubahan detail pada Kia Grand Sedona model year 2018. Paling mencolok adalah kehadiran gril baru bermotif kotak-kotak. Yang “ditemani” new projection head lamp dengan DRL lengkap beserta bumper fog lamp baru. Memberikan perwajahan lebih segar bagi desain Kia Grand Sedona yang sudah berusia 2 tahun lebih.

Tak yang berubah pada tampak samping Kia Grand Sedona 2018. Dari fisiknya, sudah terbayang seperti apa kelegaan kabinnya. Dengan panjang 5.110 mm dan tinggi 1.985 mm Kia Grand Sedona memilki aura kemegahan dan keanggunan sebagaimana pendahulunya. Penampilannya pun sangat Amerika.

Sulit untuk bicara banyak mengenai tampilan belakang MPV kebanyakan. Profilnya mengotak nyaris sempurna. Terdapat sepasang LED rear combination lamp di belakang. Yang kalau mau jujur, agak terlalu kecil bagi mobil sebesar ini.

Sebagai MPV mewah, sudah pasti Kia Grand Sedona 2018 memiliki kabin mampu memanjakan seluruh penghuninya. Bagi pengemudi dan penumpang depan, disediakan fitur electric seat untuk memudahkan pengaturan.

Mobil sendiri mampu mengakomodasi hingga 11 penumpang berkat fitur Variable Seat Variant. Betul, 11 orang. Dengan tiga penumpang “terakhir” bisa dimuat dengan memasang jok baris keempat yang tersimpan di balik lantai bagasi.

Jujur, sulit bicara banyak soal kenyamanan ketika semua jok dalam keadaan terpasang. Untuk kenyamanan, kami menyarankan untuk tetap pada konfigurasi 7-seater, lengkap dengan captain seat. Pada konfigurasi 3-baris, semua baris tetap mendapatkan kelegaan kabin diinginkan.

Tak perlu meragukan unsur keselamatan Kia Grand Sedona 2018. Bodi telah mengadopsi struktur AHSS (Advance High Strength Steel) berteknologi Hot Stamped Steel guna memberikan perlindungan maksimum saat terjadi hal tidak dinginkan. Penumpang kabin pun semakin terlindungi berkat kehadiran 6 airbag.

Kia Grand Sedona Diesel 2018 dipersenjatai mesin diesel CRDi generasi ketiga berkapasitas 2.200 cc. Mesin mampu melontarkan daya 200 PS pada putaran serendah 3.800 rpm dan torsi 440 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm. Dipadu transmisi 8-speed AT yang menjamin kehalusan selama berkendara.

Adalah sudah keniscayaan bagi mobil, baik SUV atau MPV sebesar ini untuk menghadirkan varian diesel. Memberikan tenaga lebih dari cukup tanpa mengorbankan efisiensi konsumsi bbm-nya. Kia mengklaim konsumsi solar antara 10,2 – 15 km/liter.

Pada saat peluncurannya Juli 2018, Kia Mobil Indonesia menawarkan Kia Grand Sedona Diesel dengan harga Rp 595 juta on-the-road Jakarta. Lebih mahal Rp 34 juga dari Kia Grand Sedona Ultimate bensin. Untuk pilihan warna, tersedia 8 opsi meliputi Snow White Pearl, Clear White, Silky Silver, Black Berry, Deep Chrome Blue, Panthera Metal Aurora Black Pearl dan Marsala.

Di tengah-tengah berita kurang menggembirakan seputar penjualan Kia Mobil Indonesia di pada semester I, kehadiran MPV Kia Grand Sedona 2018 tentu diharapkan akan menjadi “juru selamat”, Kehadiran mesin diesel dan sejumlah ubahan pada model year 2018 pun menjadi amunisi menarik bagi daya pikat Kia Grand Sedona 2018.

Kehadiran mesin diesel pun membawa Kia Grand Sedona ke “pusat pertempuran” segmen “High Diesel” yang tahun lalu memiliki total penjualan 72 ribu unit. Sungguh kue menarik untuk diperebutkan.

Mungkin Anda Menyukai