Kia Carens LX 2013

Kia Carens LX 2013

Gemuknya pasar otomotif medium MPV di Indonesia sangat menggiurkan bagi brand otomotif di Tanah Air. Tak terkecuali brand mobil asal Korea Selatan, Kia, yang mencoba peruntungan dengan mengusung Kia Carens. Apakah MPV produksi negeri gingseng ini bisa menjadi kuda hitam di tengah-tengah persaingan medium MPV di Indonesia? Silakan nikmati ulasannya di review Kia Carens LX 2013.

Lebih dari 1 dekade terakhir Kia melakukan transformasi besar-besaran. Mulai dari desain, sektor teknis, hingga pendekatan sensasi berkendara dibuat selayaknya mobil Eropa. Bisa dikatakan Kia secara ‘kewarganegaraan’ tetaplah berdarah Korea, namun soal ‘selera’ condong mengikuti brand mobil Eropa.

Dualisme ‘identitas’ inilah yang kemudian menjadikan sosok Kia Carens terasa unik. Ya, Kia Carens yang dihadirkan PT Kia Mobil Indonesia pada tahun 2013 ini dirancang bak mobil eropa sungguhan, namun dengan ‘badge’ asal Korea. Lebih uniknya lagi, saat masuk ke Indonesia generasi keempat Kia Carens ini masuk ke segmen medium MPV, yang notabene pemain di segmen ini mayoritas adalah produksi brand asal Jepang.

Carens generasi keempat ini telah mengalami perubahan dari segi eksterior yang berarti. Kini tampilan mobil medium MPV berpostur 4.525 x 1.805 x 1.610 mm (panjang x lebar x tinggi) ini menjadi lebih stylish dan modern. Hal ini disebabkan oleh desain eksterior Kia Carens LX 2013 dikerjakan langsung oleh Peter Schreyer, Chief Designer Officer Kia, yang banyak mengeyam pengalaman mendesain brand-brand mobil asal Eropa. Berikut ini kita review Kia Carens LX 2013 di sisi eksterior.

Sentuhan desain a la mobil keluaran Eropa sudah terasa dari area fascia depan, yang dibuat lebih atletis, ramping, sekaligus dinamis. Desain ini jelas menjadi awal dari transformasi wajah Kia Carens di generasi keempat, ketimbang generasi kedua dan ketiga Kia Carens yang didesain lebih utilitarian.

Kia Carens LX 2013 memiliki identitas desain Kia baru, tiger nose, yang sudah menjadi ciri khas line up mobil Kia terbaru. Di bawah grille terdapat airdam berukuran cukup masif, yang desainnya disesuaikan dengan foglamp berbentuk kotak.

Desain samping eksterior Kia Carens LX 2013 dirancang lebih dinamis dengan tarikan garis desain memanjang dari headlight hingga taillight. Garis ini seolah memperkuat proporsi kaca samping Kia Carens yang dirancang besar untuk visibilitas baik bagi penumpang di dalam kabin.

Desain buritan belakang Kia Carens LX 2013 mengisyaratkan kesan modern lewat taillight yang dirancang menyatu antara pilar D hingga ke pintu bagasi. Sedangkan area bawah pintu bagasi disematkan sensor parkir dan under garnish berkelir hitam. Demi visibilitas baik, kaca pintu bagasi belakang pun sudah dibekali wiper dan defogger belakang. Selain itu, untuk area atap sudah dibekali spoiler dengan high mount stop lamp.

Begitu masuk ke dalam interior, terasa nuansa roomy dan nyaman diciptakan oleh desainer Kia melalui dashboard berkonsep two-tone. Fleksibilitas pun turut dimaksimalkan agar mobil MPV berkapasitas 7-penumpang ini bisa menjadi partner keluarga modern yang memiliki aktifitas banyak, sekaligus tetap mengutamakan kenyamanan selama perjalanan.

Fitur Kia Carens LX 2013 pada masa peluncurannya cukup mumpuni untuk mobil medium MPV, meskipun harus diakui jika dibandingkan versi Internasional banyak mengalami penyusutan fitur. Lalu fitur apa yang bisa cintamobil.com highlight dari Kia Carens 2018.

Bicara soal keasyikan berkendara, Kia Carens LX 2013 selangkah lebih baik dibanding rival-rivalnya. Ia memiliki fitur eco mode serta Flex Steer. Fitur terakhir ini mampu mengatur tingkat keringanan setir dalam 3 mode yakni ‘Normal’, ‘Comfort’, serta ‘Sport’ untuk handling lebih sigap dan mantap.

Sayangnya, di pasar Indonesia Kia menyunat hampir mayoritas fitur keselamatan Kia Carens generasi keempat ini. Akhirnya konsumen harus menerima nasib mendapatkan MPV dengan fitur fitur keselamatan pasif berupa 1 buah airbag pada pengemudi, serta sistem seatbelt di semua kursi.

Lalu apakah tersedia fitur seperti ABS, EBD, Brake Assist, dan fitur keselamatan aktif lainnya yang disematkan di Kia Carens LX 2013 ini? Sayangnya, Anda harus gigit jari lagi untuk saat ini.

Saat pertama kali dijual di Indonesia, harga Kia Carens LX 2013 dalam kondisi on the road di pasarkan di harga Rp249,5 juta untuk transmisi manual dan matik dibanderol Rp262,5 juta on the road Jakarta. Mengingat saat ini Kia Carens LX 2013 sudah tidak tersedia dalam kondisi baru, maka Anda bisa menemukan Kia Carens bekas generasi keempat ini di kisaran harga Rp150 -200 jutaan.

MPV 7-Seater Korea bercitarasa Eropa rasanya sangat tepat ditujukan kepada Kia Carens LX 2013. MPV asal negeri gingseng ini secara visual memang sukses menyetarakan standar bangun mobil, baik dari desain, rasa berkendara, dan kenyamanan disesuaikan dengan standar brand mobil Eropa yang tentu saja di atas mayoritas rival-rivalnya yang menganut standar MPV dari Jepang.

Hanya saja pendekatan Kia Carens LX 2013 ini serasa ‘nanggung’. Pasalnya dari segi fitur bisa dikatakan tidak ada ‘eropa’ sama sekali, mengingat banyak fitur di pangkas demi bisa bersaing di segmen pasar gemuk medium MPV di Indonesia.

Berkaca pada prinsip ‘beauty is pain’, jika Anda rela memiliki mobil MPV stylish yang sangat bersahabat untuk aktifitas urban, namun soal fitur biasa-biasa saja, maka Kia Carens LX 2013 merupakan jawaban yang pas untuk pilihan mobil bekas MPV Anda kali ini.

Mungkin Anda Menyukai