Hyundai Sonata 2009

Hyundai Sonata 2009

Hyundai Sonata 2009 merupakan mobil besutan Hyundai yang diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2010 silam. Sebelum memasuki pasar otomotif Indonesia, mobil ini diperkenalkan di Los Angeles Auto Show pada 2009 silam. Mobil besutan negeri ginseng menyasar ke semua kalangan dan mencatat penjualan yang begitu memuaskan.

Mobil Hyundai Sonata 2009 ini sudah memasuki generasi keenam dalam perjalanannya di pasar otomotif global. Mobil pendahulunya yang sebelumnya sudah ada di Indonesia hanya didatangkan dalam bentuk CBU melalui importir umum baik baru maupun bekas. Mobil ini dirilis untuk menyaingi kompetitornya yaitu Toyota Camry, Honda Accord Mazda 6, dan Kia Optima.

Desain eksterior Hyundai Sonata 2009 menggunakan desain yang disebut ‘Fluidic Sculpture’ sehingga membuat mobil ini memiliki kesan mewah, elegan, modern, dan terlihat berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Bagian depan mobil ini menggunakan head lamp proyektor yang disematkan DRL sehingga mampu memberikan penerangan yang maksimal. Desain head lamp dan fog lamp dibuat agak menyipit sehingga memberikan kesan tajam pada mobil ini.

Bagian samping mobil ini terlihat begitu tegas berkat lekukan yang terdapat di sepanjang pintu mobil dan adanya antenna berbentuk sirip hiu. Selain itu, adanya panoramic roof di bagian atas mobil membuat mobil ini terlihat begitu mewah. Bagian belakang mobil ini menggunakan stop lamp yang juga didesain tajam dengan kombinasi warna yang sangat padu dan memanjang hingga ke pintu bagasi belakang sehingga membuat mobil ini terlihat mewah.

Lanjut ke bagian interior Hyundai Sonata 2009. Desain interior pada mobil ini didesain semaksimal mungkin sehingga mampu memberikan kesan yang mewah dan modern. Selain itu ruang kabin pada mobil ini cukup luas sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Dashboard pada mobil ini didesain secara ‘Fluid Dynamic’ yang memberikan kesan sejuk dan elegan. Di bagian tengah dashboard terdapat sistem audio Double Din dengan mini MID yang memiliki fitur seperti USB Connectivity, MP3 Player, dan port untuk menyambungkan perangkat audio lain yang akan menghibur anda selama dalam perjalanan. Mobil ini memiliki 2 baris kursi yang dapat menampung penumpang hingga 5 orang. Penggunaan material berkualitas membuat kursi mobil ini terlihat bagus dan nyaman untuk di duduki.

Walaupun mobil ini di desain berbentuk sedan, namun mobil ini memiliki ruang bagasi yang cukup luas dibandingkan dengan mobil di kelasnya. Desain yang cukup luas ini mampu untuk menampung beberapa barang. Karena merupakan mobil lama, fitur keselamatan dan keamanan pada mobil Hyundai Sonata 2009 ini pun minim informasi. Fitur keselamatan yang hanya diketahui pada mobil ini ialah sistem pengereman yang sudah menggunakan sistem ABS yang akan menjaga ban tidak terkunci ketika terjadi pengereman mendadak.

Mesin Hyundai Sonata 2009 menggunakan mesin Theta II 2.4 liter DOHC yang memiliki kapasitas mesin 2.400 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 176 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 223 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga mesin ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan, Karena merupakan mobil lama, maka harga Hyundai Sonata 2009 dalam keadaan bekas berkisar antara Rp 170.000.000 hingga Rp 200.000.000.

Di jamannya, mobil sedan yang didesain secara elegan dan mewah ini bisa dikatakan menjadi primadona tersendiri bagi para pecinta sedan. Apalagi fitur-fitur penunjang yang diberikan pada mobil ini bisa dibilang cukup lengkap mengingat tidak semua mobil sedan memiliki fitur-fitur penunjang yang diberikan cukup lengkap seperti mobil ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *