Hyundai i30 N Fastback 2019

Hyundai i30 N Fastback 2019

Apa sih alasan Hyundai membuat sub-merek N? Well, N di-develop sebagai pembuktian bahwa mobil Korea mampu membangun mobil berperforma tinggi. Apalagi soal SDM, Hyundai memiliki talenta-talenta kelas atas seperti Peter Schreyer (mantan pemimpin desain senior di VW Group) dan Albert Biermann (mantan kepala teknik BMW M Series) di pucuk pimpinan development Hyundai dalam aspek desain maupun teknis. Singkat kata, tidak ada alasan untuk Hyundai tidak membuat mobil yang terlihat bagus dan mengasyikkan.

Di Eropa, Hyundai mempunyai reputasi yang baik karena berani memberikan garansi selama 5 tahun dan value for money yang bagus untuk konsumen. Namun untuk urusan mobil sport atau mobil mewah, Hyundai masih dalam tahap berusaha mencapai reputasi tersebut.

Salah satunya dengan menghadirkan menghadirkan sub-merek N yang namanya mulai dikenal dunia berkat ajang reli WRC melalui i20 Coupe yang berlaga di WRC (World Rally Championship) Bersama Thierry Neuville dan Nicolas Gilsoul.

Aksi Hyundai i20 Coupe dalam menaklukkan trek campuran antara kerikil, tanah dan aspal yang sulit, banyak memberikan dampak teknis yang positif dalam hal pengembangan mobil. Hasilnya diaplikasikan Hyundai pada i30 N untuk optimalisasi penggunaan di jalan raya serta dijual kepada publik. Ini adalah pertama kalinya Hyundai mempunyai mobil sport berbodi fastback dan berikut ini adalah review Hyundai i30 N Fastback 2019.

Tampilan depan dari Hyundai i30 N Fastback ini sebenarnya tak ubahnya dengan varian hatchback. Tetap memiliki aura sporty yang kuat dengan adopsi bonnet memanjang serta bumper berdesain agresif. Lalu terlihat banyak kisi-kisi pada air dam dibandingkan varian standar sehingga akan memberi efek pasokan udara segar yang akan lebih banyak mengalir ke dalam ruang mesin.

Masih sama dengan varian berbuntut pendeknya (hatchback, red) terlihat ada 3 perbedaan khusus Hyundai i30 N Fastback ini. Pertama adalah cover spion yang diberi warna hitam seperti mobil sport pada umumnya, plus ditambah adanya lampu sein di cover spion. Pada bagian bawah, terlihat ada side skirt berwarna hitam yang termasuk dalam body kit khusus model N ini.

Pada sisi belakang, penggunaan lampu LED membuat penerangan dan visibilitas mobil ini dari kendaraan lain lebih baik. Pada saat mengerem, cahaya lampu akan terlihat lebih jelas untuk mobil dibelakangnya. Bentuk lampu belakang yang tersemat di mobil ini juga keren banget dengan model ala panah ke masing-masing sisi.

Desain dashboard tidak banyak perubahan dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci terletak di tengah. Fitur-fitur terkini seperti navigasi satelit, radio, Apple Car Play dan Android Auto Compatibility memberi kenyaman untuk pengemudi. Hal baru yang tidak kalah canggih adalah fitur wireless charging yang bisa digunakan untuk smartphone yang sudah mempunyai fitur tersebut.

Beralih ke kursi, pada baris depan bucket seat dengan pilihan material kain atau kulit sesuai dengan selera Anda. Adapun yang membedakannya adalah logo N pada sandaran punggung bagian atas. Diantara kursi penumpang depan tersedia konsol dengan bantalan empuk sehingga bisa digunakan untuk arm rest.

Secara bentuk setir masih mengusung konsep tiga palang namun ada sedikit perbedaan. Pada palang bawah berbentuk lebih ramping dengan logo N pada bagian bawah. Dekat tombol setir terdapat dua tombol baru yakni Drive Mode dan tombol N. Fungsi dari tombol N tersebut, untuk mengatur komputerisasi pada mobil seperti lap timer, G-force meter, launch control, dan meningkatkan performa.

Hyundai cukup berani memasarkan hatchback sport dengan ubahan yang tidak hanya bermain pada kosmetik seperti eksterior dan interior. Ubahan mesin dengan tambahan turbo membuat tenaganya meningkat signifikan. Suara knalpot yang dihasilkan tidak hanya sebaga gimmick tapi juga efek dari pengembangan mesin khusus model N ini.

Sayangnya perubahan eksterior dan interior tidak terlalu banyak sehingga tampilannya menurut kami tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan varian standar. Namun penggunaan velg 19 inci dengan ban khusus yang dikembangkan oleh Pirelli memberi nilai tambah untuk tampilan dan performa Hyundai i30 N Fastback 2019.

Author: jordan smith