Hyundai Grand Avega

Hyundai Grand Avega

Mobil Hyundai Grand Avega pertama kali dikenalkan pada tahun 2011 yang lalu guna mengisi kekosongan dalam segmen hatchback di Indonesia. Ia merupakan salah satu hatchback hasil dari pengembangan keluarga Accent di Indonesia. Perkembangannya cukup unik karena gen keluarga Accent masuk dalam segmen sedan kompak, lalu beralih menjadi sedan liftback pada pendahulu Grand Avega ini tepatnya pada versi Hyundai Avega

Hyundai masih mempertahankan desain sporty khas Avega dalam membangun Grand Avega ini. Grand Avega memiliki bodi berukuran 4.115 x 1.700 x 1.475 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.570 mm. Ukurannya mampu berakselerasi maksimal di tengah jalanan kota yang ramai.

Di bawahnya, terdapat ruang asupan udara berukuran sedang guna melancarkan sirkulasi pendinginan ke dapur pacu. Konsep muka Hyundai Grand Avega ini memang dibuat lebih agresif dari saudara- saudaranya. Khususnya, Lampu utuma yang dimiliki Hyundai Grand Avega ini akan lebih terang dan lebih presisi pada malam hari, dengandesain Bezel dua potong tersebut tentunya akan menambahkan sentuhan yang lebih mewah.

ampu kaput Hyundai Grand Avega ini mengusung desain yang lebih baru, penampilan lampu kabut yang begitu gagah menambahkan kemewahan dan sejatinya dapat berguna untuk membuat kabut tebal maupun hujan untuk menjaga jarak pandang sang pengemudi. Selain itu, spion memiliki desain Body Color dengan dilengkapi Turning Lamps pada bagian tengah spion dan spion ini juga dapat di gerakkan secara elektrik dari dalam kabin mobil.

Untuk bagian sampingnya, Grand Avega memiliki garis siluet yang cukup mencolok karena terlihat jelas akan perpaduan antara desain elegan dan modern, penampilan hatchback dengan lekukan – lekukan bodi yang menawan. Lay-out kaca samping Hyundai Avega dari depan hingga belakang berbentuk meruncing. Selain itu, bodi samping mobil ini juga memiliki aksen bertingkat, seperti nampak pada kedua pintunya.

Dashboard Hyundai Avega diisi oleh panel penunjuk kecepatan, RPM meter, indikator bahan bakar serta indikator lampu utama, belakang dan lampu seinnya. Lalu, untuk urusan audio system, pusat kendalinya terletak di bagian tengah dashboard Hyundai Avega ini. Tepat pada bagian pengemudi, untuk pertama kalinya terlihat bentuk setir modern dengan perlengkapan Audio Steering Control.

Untuk perlindungan dari bahaya mendadak, Hyundai Grand Avega dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang mampu membuat penumpang terlindungi dan aman selama perjalanan. Kelebihan utama Hyundai Grand Avega dari sisi keamanan adalah airbag pada bagian setir dan rangka kokoh dapat meminimalisir resiko kecelakaan yang lebih fatal.

Di samping itu, ruangan pada mobil sporty ini cukup luas, maka keamanan pada sektor sirkulasi udara sangat tinggi. Untuk memberi keamanan dan kemudahan dalam berkendara, Hyundai Grand Avega memiliki panel LCD yang akan memberikan kemudahan kontrol bagi pengemudinya.

Hyundai Grand Avega menggunakan mesin 1.4 kappa D-CVVT yang memiliki isi silinder 1368 cc. Silinder yang digunakan berjumlah 4 buah dan pada tiap silinder masih terdapat 16 katup. Dengan menggunakan mesin tersebut mobil Hyundai Grand Avega ini mampu memberikan kecepatan maksimum sampai dengan 100 ps pada putaran mesin mencapai 6000 rpm

Kekurangan Hyundai Grand Avega adalah spion masih belum retractable atau belum bersistem lipat otomatis. Selain itu, mesin mobil ini masih kurang responsif dalam melaju di kecepatan 100 km/jam ke atas. Untuk peredaman kabin, mobil jenis hatchback ini perlu meningkatkan kualitas agar dapat bersaing dengan mobil sejenis merk lainnya.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan di atas, Hyundai Grand Avega dinilai masih memiliki kualitas sangat tinggi dengan Mode Eco Drive, desain elegan, kabin yang lapang, legroom berukuran besar, audio steering control dan pemakaian atau konsumsi bahan bakar yang hemat.

Author: jordan smith