Hyundai Atoz 1.1i 2005

Hyundai Atoz 1.1i 2005,

Hyundai Atoz merupakan sebuah compact city car yang cukup populer di Indonesia di awal tahun 2000-an. Mobil ini cukup menjadi pilihan karena harganya yang cukup terjangkau dan juga penampilannya yang sangat sesuai dengan jalanan kota Indonesia yang tidak terlalu besar.

Hyundai pertama kali hadir di tahun 2000 dan masih berupa kendaraan CBU yang langsung diimport dari Korea. Disainnya bisa dibilanmg sangat tidak berupoa dibandingkan dengan mobil lainnya yang di pasarkan untuk sebuah mobil City Car. Pesaingnya yang terdekat pada masa itu adalah Suzuki Karimun yang juga memiliki kabin mobil yang cukup tinggi.

Mobil ini sendiri hadir hingga tahun 2007 sebelum Hyundai menggantinya menjadi Hyundai i10. Walaupun begitu, mobil ini masih memiliki peminat yang tidak sedikit karena kehandalannya dan juga mesinnnya yang irit BBM. Sebagai sebuah city car, mobil ini memiliki desain yang sangat compact sehingga sangat sesuai untuk jalanan Indonesia yang sempit. Dengan desain yang dimilikinya, mobil ini memang harus mengorbankan sisi estetika sehingga mobil ini memang kurang enak untuk dilihat.

karena desainnya ini, menjadikan Hyundai Atoz bisa bergerak cukup gesit di dalam suasana kemacetan di perkotaan. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari Atoz yang agak sulit kita temukan pada kendaraan city car saat ini. Untuk bagian depannya, desainnya modrn dengan mmengginakan geadlnamp yang tidak terlalu bulat seperti generasi pertamanya. Bagian grill juga dibuat menjadi lebih tegas sehingga napak lebih dinamis sebagai bagian dari peningkatannya di tahun 2005.

Bila dilihat dari bagian samping, mobil ini cukup aerodinais walalupn menggunakan desainyang compact. Tarikan lekuk body dari mobil ini sudah lebih halus dibandingkan dengan seri pertamanya yang masih cukup kaku. Untuk bagian belakang, mobil ini memiliki rear spoirler yang tidak terlalu besar dipadukan dengan bentuk jendela yang sangat lebar. Tidak ada kesan khusus untuk desain ini karena tidak terlalu jauh berbeda dengan seri pertamanya.

Bagian interior mobil ini sangat sederhana dengan didominasi oleh material plastik dengan kualitas seadanya. Tetapi, setidaknya bagian dalam mobil ini lebih rapih dan menjanjikan dibandingkan dengan mobil LCGC generasi pertama saat pertama kali diluncurkan.

Ruang kabin juga tidak terlalu besa tetapi masih cukup untk menampung hingga 5 orang dewasa dengan tinggi normal orang Indonesia. Anda memang tidak bisa berharap banyak untuk bagian interior mengingat mobil ini menyasar segmen pasar bawah ketika diluncurkan di Indonesia.

Untuk dashboard juga didesain sangat sederhana dengan satu warna saja. Bahkan untuk bagian penyimpanan dibuat terbuka saja tanpa ada penutup. Bagian AC juga cukup unik karena masih menggunakan sistem putar yang mengingatkan Anda pada bentuk AC dari Datsun Go yang menggunakan AC model ini.

Bagian kursi dari Hyundai Atoz 1.1i 2005 masih masih cukup untuk menampung tiga orang penumpang di baris kedua. Untuk bagian kepala masih cukup, tetapi di bagian kaki masih sangat terbatas.

Berbicara mengenai sisi fitur, mobil ini memang tidak menawarkan fitur-fitur yang mewah bahkan terkesan seadanya. Mobil ini belum dilengkapi dengan safety airbag dan masih mengandalkan seatbelt sebagai satu-satunya fitur keselamatan bagi pengendara.

Untuk fitur hiburan, mobil ini masih menggunakan 1din headunit untuk memutarkan lagu dari CD dan Radio. Bila Anda berminat untuk membeli mobil ini, tidak ada salahnya untuk melakukan peningkatan/upgrade untuk bagian hiburan.

Di bagian mesin, mobil in menawarkan sebuah teknologi yang cukup menarik ketika pertama kali diluncurkan. Mobil ini menggunakan mesin G4HG Epsilon dengan kapasitas silinder 1.100 cc. Mesin mobil ini sudah menggunakan sistem multipoint injection 12 valve yang cukup canggih di masanya.

Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 63 dk dengan torsi maksimal hingga 96 Nm. Cukup mumpuni untuk sebuah city car yang cukup mungil mengarungi jalan kota yang padat. Di bagian kaki-kaki, mobil ini menggunakan suspensi McPherson Strut utuk bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakangnya. Sementar untuk bagian velg, mobil ini memnggunakan velg berukuran 14 inci saja.

Bila Anda berniat untul memiliki sebuah city car untuk digunakan harian dengan harga terjangkau, mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain karena bentuknya yang compact, mobil ini juga memiliki mesin yang cukup bandel dan irit BBM.

Bila berbicara mengenai fitur, memang banyak sekali kekurangan mobil ini dalam masalah teknologi. Tetapi hal tersebut sebenarnya cukup wajar mengingat usia mobil ini yang memang sudah cukup tua. Jadi bila Anda akan membeli mobil ini sebaiknya memang memerhatikan bagaimana perawatan kendaraan ini oleh pemilik sebelumnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *