Honda Brio Satya 2018

Honda Brio Satya 2018

Honda Brio Satya bisa dibilang sebagai ‘raja’ city car sekaligus menjadi pemain LCGC (Low Cost Green Car) yang sangat kuat posisinya di benak masyarakat. Dan bersamaan dengan World Premiere All New Honda Brio RS, PT Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda pun memperkenalkan Honda Brio Satya 2018 yang siap mempertahankan hegemoni di kelasnya.

Honda Brio Satya menjadi salah satu motor penggerak kesuksesan Honda di Indonesia selama 5 tahun terakhir. Debut di tahun 2013, 1 tahun setelah perkenalan Honda Brio, varian ‘paket hemat’ city car Honda yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini menjawab banyak kebutuhan konsumen Tanah Air yang berencana berpindah dari menggunakan motor ke mobil.

Nah kalau bicara soal seberapa sukses Honda Brio Satya di pasar otomotif Indonesia, perlu mengacu pada angka penjualan wholesales yang dikeluarkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ya, pada semester 1 2018 Honda Brio Satya masih menyumbangkan angka penjualan sebanyak 23.475 unit.

Agar tren Honda Brio Satya terus menguat di tahun 2018, sekaligus juga sudah waktunya model yang memiliki life cycle 5 thaun ini mengalami perubahan, maka kehadiran generasi terbaru Honda Brio Satya sangat penting adanya.

Honda R&D Asia Pacific Co, Ltd (HRAP) banyak melakukan riset di dalam negeri untuk mampu memahami kebutuhan konsumen Indonesia terhadap All New Brio Satya 2018. Hasilnya sempat diperkenalkan sebagai konsep Small RS Concept, yang juga menjadi cikal bakal dari All New Honda Brio RS. Mengusung konsep utama “Proud Over Class”, kami akan ajak Anda mengenal keseluruhan area eksterior Honda Brio Satya 2018 mulai dari tampak depan, samping, hingga belakang.

Tampak depan Honda Brio Satya 2018 memang sekilas familiar dengan mata Anda, mengingat ia memiliki banyak kemiripan dengan Honda Mobilio generasi terakhir. Dan untungnya Honda tidak memberikan ubahan yang signifikan untuk membedakan mana Honda Brio Satya 2018 dan Honda Brio RS 2018.

Area samping Honda Brio Satya 2018 sekalipun masih terasa nuansa Brio generasi terdahulu, namun dari pilar B hingga pilar C sudah dirombak total oleh engineer Honda. Hal ini disebabkan Honda Brio Satya 2018 dirancang dengan wheelbase lebih panjang 60 mm. Secara tidak langsung hal ini mengisyaratkan ruang kabin belakang yang lebih luas, yang nantinya akan kami jelaskan di area interior.

Untuk memudahkan Anda membedakan mana versi Satya dan versi RS, pada Honda Brio Satya 2018 di area velg menggunakan model alloy 14 inci. Jika melihat lebih detil pada area kaca spion samping juga dibuat polos sewarna bodi, serta lampu sein samping ditempatkan di area fender depan.

Selamat tinggal pintu bagasi ikonik full panel kaca dari Honda Brio generasi lama. Ya, kini Honda Brio Satya 2018 sudah menggunakan pintu bagasi tailgate style layaknya city car normal pada umumnya. Ubahan ini diperlukan demi alasan keamanan mobil lebih baik jika dibandingkan pintu bagasi model lawas.

Selain redesain pintu bagasi belakang, Honda Brio Satya 2018 juga sudah mengadopsi beberapa fitur yang cukup menarik untuk segmentasi LCGC. Mulai dari body spoiler with LED high mount stop lamp, rear wiper, sampai Rear Combi Lamp. Sayangnya pada area bumper bawah Honda Brio Satya 2018 dibuat polos mengikuti warna bodi, tidak seperti versi RS yang memiliki bumper garnish dengan aksen diffuser.

Setelah itu, untuk Dashboard Honda Brio Satya 2018 masih mengaplikasikan desain dashboard yang sama dengan honda Brrio Pasca facelift di tahun 2016, dan juga masih senada dengan dashboard yang digunakan pada honda Mobillio dan Honda Br-v.

Untuk memberikan kenyamanan lebih sepanjang perjalanan, Honda Brio Satya 2018 dibekali sistem pendingin AC Digital yang diklaim bisa lebih cepat mencapai suhu nyaman. Adapun pada area setir masih menggunakan desain lama, dan masih tetap hanya bisa diatur tinggi rendah (tilt steering).

Jok penumpang depan Honda Brio Satya 2018 masih setia dengan konfigurasi jok dengan headrest yang menyatu, sekalipun kini dirancang lebih tebal dan dilapisi kain bertekstur halus. Ubahan paling signifikan sebenarnya ada di jok belakang, dimana sandaran kepala di baris kursi kedua dirancang terpisah untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan.

Di samping memperpanjang wheelbase sebanyak 60 mm, area ruang bagasi pun ikut dibikin lebih panjang sebesar 90 mm oleh engineer Honda. Efeknya kapasitas bagasi telah meningkat hingga lebih dari 258 liter, atau 84 liter lebih besar dari Honda Brio generasi terdahulu. Dalam kondisi semua kursi digunakan, bagasi mobil ini diklaim bisa muat dua koper ukuran sedang dan satu kereta bayi.

Jantung pacu Honda Brio Satya 2018 masih setia dengan mesin 1.2 liter 4-silinder i-VTEC yang sudah teruji menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive khas mobil Honda. Secara performa tidak ada perubahan, masih bertenaga 90 PS atau 88 dk di putaran mesin 6.000 rpm.

Menariknya, dari segi torsi ternyata Honda Brio Satya 2018 naik 1 Nm dari Brio Satya generasi sebelumnya. Kini mesin Honda Brio Satya 2018 bisa menghasilkan torsi maksimum 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm.

Menjadi ‘paket hemat’ di keluarga Honda Brio, Honda Brio Satya 2018 jelas lebih memikat masyarakat yang berencana untuk pindah dari penggunaan motor ke mobil, atau dari pengguna mobil lama ingin membeli mobil baru.

Sekalipun harga belum bisa ditentukan, tapi di atas kertas Honda Brio Satya 2018 bisa menyajikan pengalaman berkendara menarik khas Honda, namun kini dengan penambahan tampilan yang dirombak total, sekaligus tingkat kenyamanan yang semakin baik.

Mungkin Anda Menyukai