Honda BR-V

Honda BR-V

Honda BRV memang menjadi salah satu pokok bahasan para penggemar otomotif Indonesia beberapa bulan terakhir. Karena debutnya di arena GIIAS 2015 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, berhasil menarik perhatian publik akan sosok Honda BR-V.

Selain itu, banyak pihak yang menilai bahwa Honda BRV ini serupa dengan Honda Mobilio yang kini menjadi primadona baru di segmen low MPV. Sekilas, tampang BR-V memang sedikit banyak mirip dengan Mobilio, hanya saja ground clearance-nya lebih tinggi serta bodinya lebih bongsor.

Tampilan luar pada spesifikasi Honda BR-V ini memiliki aura yang gagah, khas mobil-mobil jenis big SUV. Berbeda dengan Honda CR-V atau HR-V yang berkarakter agresif dan memiliki kesan macho, kali ini Honda BRV hadir dengan desain bodi perpaduan antara anggunnya Honda Mobilio dan sporty-nya Honda Jazz. Hasilnya? BR-V tampil kalem namun memiliki lekuk body stylish yang memamerkan aura elegan yang sempurna.

Sedangkan pada front grill, Honda BRV menngusung model frame bertingkat dengan aksen krom mengkilat yang dilengkapi lambang merk Honda tepat di bagian tengah. Untuk bumper depan, BR-V terlihat semakin bergaya karena diatur dengan jarak yang agak tinggi dari tanah, berpadu dengan fog lamp yang cukup besar semakin menandakan bahwa Honda BRV punya fascia yang benar-benar jantan.

Dalam sektor desain samping, aura khas Honda CR-V dan HR-V mulai terlihat di sini. BR-V tampil dengan bentuk bodi yang aerodinamis, khas Roundabout Vehicle. Lalu, mobil ini juga menawarkan lekukan bodi yang dinamis dan tajam pada bagian sampingnya. Selain itu, tampilan samping Honda BR-V juga terlihat semakin sporty berkat tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil.

Honda BR-V dikembangkan berdasarkan dengan sasis Honda Brio dengan keseluruhan dimensi panjang x lebar x tinggi :1.735 x 4.455 1650 (mm) dan wheelbase 2.660 mm .Seperti yang dijelaskan oleh Honda, BR-V sebagai “kombinasi gaya, pengalaman berkendara SUV dan kekuasaan, kabin kompartemen sebuah MPV.

Dimensi Honda BRV ini memang lebih tinggi dari Honda Mobilio. Ditunjang dengan Ground Clearance lebih dari 200 mm, maka handling BR-V pun akan menjadi lebih mantap, dan pastinya mobil ini cocok untuk segala kondisi jalan. Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpangnya, Honda BRV didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang.

Kaki-kaki Honda BR-V disokong oleh velg 16 inci dan dibalut oleh ban berukuran 195/60/R16. Untuk fitur pengereman, spesifikasi Honda BRV menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sehingga laju kendaraan bisa lebih terkontrol.

Fitur keamanan yang standar seperti potenzioner seatbelt untuk menunjang kemanan pengendara sudah terpasang pada Honda BR V ini. Selain itu, ada juga fitur Dual Airbag System yang akan memberikan keselamatan tambahan ketika terjadi benturan mendadak.

Selain itu, teknologi EBD juga memungkinkan pengendara mendapatkan kestabilan dalam mengontrol kendaraan. Untuk fitur selanjutnya, Honda BR-V dibekali dengan bekali fitur keamanan yang komplit, namun sepertinya fitur tersebut hanya akan diberikan pada varian tertinggi Honda BRV, yaitu BR-V Prestige.

Fitur-fitur yang ditawarkan Honda antara lain Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist, di mana kedua fitur tersebut memudahkan pengoperasian Honda BR-V dan akan menjaga kestabilannya. Selain itu, ada juga teknologi Immobilizer Key yang juga turut dibenamkan pada mobil ini. Jadi, selain unggul dalam desain dan performa, spesifikasi Honda BRV ini juga memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap.

Honda menggunakan mesin i-VTEC, yaitu teknologi pengatur katup mesin yang banyak digunakan Honda pada produk-produknya, misalnya pada Honda Jazz dan Mobilio. Mesin berteknologi i-VTEC yang ada pada Honda BRV ini memiliki keunggulan karena meskipun bersilinder kecil, tapi bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin bersilinder besar.

Selain itu mesin i-VTEC dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar serta nyaman untuk dipakai sebagai kendaraan harian. Untuk Honda BR-V ini, Honda mengusung mesin i=VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesin i-VTEC pada mobil ini mampu memberikan muntahan power maksimal mencapai 120 HP pada 6.600 rpm serta torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm

Honda Prospect Motor (HPM) sudah mengumumkan harga Honda BRV pada bulan Desember silam. Harga jual BR-V memang dibanderol dengan harga yang tak jauh dari kisaran awal. Ditilik harganya, HPM mengklaim bahwa jual BR-V ini adalah harga terbaik untuk segmen small SUV atau crossover. Untuk harga Honda BR-V paling murah adalah tipe S bertransmisi manual yang dijual mulai harga Rp 226,5 juta.

BR-V tipe S M/T ini memang merupakan tipe terendah, namun sudah dibekali dengan kelengkapan fitur yang lumayan lengkap. Kemudian, harga di atas tipe S ditempati oleh dua BR-V tipe E yang terdiri dari dua varian. Untuk Honda BR-V tipe E manual dijual dengan harga Rp 236,5 juta, sedangkan untuk BR-V tipe E CVT dijual dengan harga Rp 246,5 jutaan. Lantas untuk harga tertinggi ditempati oleh BR-V Prestige CVT yang dijual dengan harga Rp 261,5 juta.

Mungkin Anda Menyukai