Daihatsu Sirion 2018

Ini salah satu city car terbaik saat ini. Mobil ini menawarkan desain eksterior yang lebih stylish dan sporty. City Car dengan 5 pintu ini, telah melawati banyak perubahan tampilan desain baik itu ekterior ataupun interior.

New Daihatsu Sirion Facelift membawa banyak perubahan pada tampilan desain ektrior, seperti perubahan desain bumper depan belakang, serta penambahan spoiler yang bagian atasnya dilengkapi lampu rem. Tidak hanya itu saja, pada versi terbaru ini juga dilengkapi sensor parkir, dan perubahan tampilan interior yang terlihat semakin mewah dan lebih nyaman ketika dikendarai.

Interior

Desain dashboard baru. Masih cenderung sederhana, namun Daihatsu Sirion ini kelihatan punya usaha untuk kelihatan sedikit lebih fokus ke pengemudi. Bisa dibilang begitu, sebab desain dashboard Sirion tak lagi simetris, melainkan sengaja dibuat agak mengarah ke bangku pengemudi, kelihatan dari garis desain dashboard tengah yang seolah miring ke driver dengan bingkai black piano dan silver dalam bentuk jajaran genjang.

Materialnya plastik standar city car Jepang dan Korea, dengan kualitas pemasangan yang solid dan membaik dibandingkan Sirion lama. Hal lain yang membaik dari Sirion lama adalah posisi duduknya, sekarang jadi sedikit lebih rendah, tidak jangkung seperti Sirion lama.

Setir Daihatsu Sirion hanya bisa diatur secara tilt, tidak bisa telescopic. Okelah, mungkin city car sekelasnya juga begitu, namun yang bikin kurang sreg adalah material lingkar setir Sirion ini terasa keras dan agak licin, tak begitu nyaman buat digenggam lama-lama.

Daihatsu Sirion sudah punya tombol di setir, di sebelah kanan untuk telepon dan sebelah kiri untuk mengatur audio.

Power window tersedia buat keempat jendela, dan khusus pengemudi sudah auto up dan auto down. Di sisi kanan pengemudi, ada tombol untuk mengatur spion, tombol untuk menyesuaikan tinggi-rendah sorot lampu LED depannya sesuai kebutuhan dan tombol untuk mematikan stability control.

Daihatsu Sirion juga membawa 4 airbag sebagai standar, di mana sebelumnya hanya 2 airbag.Head unit layar sentuh standarnya sudah memadai, meski pengoperasiannya tidak begitu responsif dan menunya tidak sebanyak Chevrolet Spark. Bluetooth untuk telepon dan media sudah ada, dan kalau mau mendengarkan media digital dari flashdisk, port USB-nya ada di dalam glovebox.

Eksterior

Daihatsu Sirion 2018 ini dibangun di atas platform Sirion lama, tapi 70% komponennya adalah komponen baru. Desain Sirion baru ini sedikit mirip Scion iM, tapi dengan lekukan yang lebih banyak dan bodinya terkesan membengkak dibandingkan Sirion lama.

Daihatsu Sirion ini memang membesar, khususnya panjangnya yang bertambah 205 mm dan wheelbase yang melar 60 mm, demi kelegaan ruang. Daihatsu yang biasanya doyan chrome, kali ini lebih bisa menahan diri dengan hanya menaruh chrome di gril dan lis lampu kabut pada muka Sirion ini.

Pelek 15 inci barunya sudah two-tone, dibungkus karet bundar Goodyear Assurance berukuran 185/55 R15. Seperti yang bisa diprediksi dari kelas di mana Daihatsu Sirion bertengger, rem depan cakram dan belakang tromol, untungnya ABS dan EBD sudah masuk jadi fitur standar.

Daihatsu Sirion sudah punya smart entry, kelihatan dari adanya tombol hitam di handle pintu pengemudi. Yap, pengemudi saja, tidak ada tombol yang sama di pintu penumpang. Lanjut ke bagian belakang, sebuah antena shark fin duduk rapi dan sudah ada roof spoiler. Kaca belakang lengkap dengan defogger beserta wiper belakang. Bentuk lampu remnya sedikit mengingatkan akan Honda Mobilio

Jikalau ada yang kami tidak suka dari eksterior Daihatsu Sirion, mungkin adalah knalpotnya yang terlalu polos dan ngumpet. Daihatsu sebenarnya bisa saja mempercantiknya dengan muffler cutter.

Mesin

Daihatsu Sirion pakai mesin 1.329 cc, namun kalau pakai paham pembulatan, ia jatuhnya jadi 1.300 cc. Mesin 1.300 cc 4 silinder Dual VVT-i berkode 1NR-VE ini punya tenaga 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 12,2 kg-m di 4.200 rpm. Sudah pasti pakai penggerak roda depan, dan pilihan transmisinya adalah manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Daihatsu mengklaim kalau karakter Sirion ini dibuat lebih sporty biar menarik bagi anak muda. Handling Daihatsu Sirion ini terbilang membaik.

Author: jordan smith