Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018

Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018

Preview Daihatsu Alya Turbo Concept 2018 – Bicara soal mobil konsep tidak pernah ada batasan. Meskipun seringkali ditunjukkan melalui mobil konsep super futuristik, tak jarang model mobil saat ini juga dibuat menjadi basis mobil konsep.

Hal ini biasanya dilakukan sebagai pembuktian engineer demi melihat potensi sejauh mana mobil bisa dikembangkan. Dan para Engineer PT Astra Daihatsu Motor sukses melakukan hal tersebut dengan Daihatsu Ayla Turbo Concept.

Diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 yang proses rancang bangunnya dikomandoi oleh Mark Widjaja selaku Chief Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengusung konsep Thrilling Simplicity.

Eksterior Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 bisa dibilang mengalami perubahan cukup drastis, khususnya dengan penambahan paket aero yang masif. Alhasil mobil yang mengusung warna two tone merah dan hitam ini tidak hanya semakin terlihat bak mobil balap, tapi juga bisa menghasilkan peningkatan performa lebih baik.

Tampak depan Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 masih mengusung bentuk yang sama dengan Daihatsu Ayla 1.2R MT. Hanya saja ubahan signifikan terasa saat melihat area grille berkelir hitam yang kini mendominasi area bumper depan hingga mendekati skid plate. Pada sisi samping bumper depan juga disematkan lubang aero untuk pendinginan rem ban depan. Dan ubahan pada area bodi depan dikerjakan menggunakan material carbon fibre.

Tampak samping Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 mengisyaratkan kesan lebih berotot. Hal ini disebabkan oleh pergantian panel fender depan dan belakang, dimana di bawah fender tersebut disematkan ban Archilles berkonfigurasi 195/50 R15 dengan velg aluminium keluaran Fortis. Dan demi mengejar efisiensi bobot, pada area kaca samping semuanya sudah diganti menggunakan kaca polycarbonate.

Tampak belakang Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 memang sekilas tidak memiliki perbedaan signifikan dengan Daihatsu Ayla generasi terkini. Namun engineer Daihatsu merombak dari segi bumper belakang dengan menambah aksen diffuser belakang, serta stoplamp model F1 yang berada di tengah diffuser tersebut.

Secara garis besar, pendekatan khas mobil balap dilakukan di Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018. Seluruh area di dalam kabin ditanggalkan, hanya menyisakan dashboard Ayla dengan panel AC dan audio yang ditutup. Sebagai gantinya, pada area panel audio digantikan menjadi sistem ignition switch dan engine cut-off khas mobil balap.

Mobil konsep ini hanya menyediakan jok bagi pengemudi saja, dengan model full bucket seat keluaran Sparco. Adapun setir sudah berganti menggunakan setir sport keluaran Sparco.

Hadir juga open filter, intercooler dan oil cooler tambahan yang bertugas memberikan suplai udara lebih kepada mesin, turbo, serta mendinginkan oli. Adapun untuk sistem knalpot sudah dirancang semua dirancang dengan konfigurasi free flow sehingga semakin minim hambatan.

Oh iya, penyebutan ‘Turbo’ pada mobil konsep ini bukan sekedar isapan jempol semata. Ya, Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018 menggunakan teknologi ‘rumah keong’ yang di-set memiliki settingan High Boost di 1 bar, dan spool up di 2.700 rpm.

Masih banyak area di mobil yang bisa dimaksimalkan potensinya, sekalipun dalam kondisi mobil konsep yang diperkenalkan di GIIAS 2018 pun sudah terlihat bahwa mobil kompak di kelas Low Cost Green Car (LCGC) ini sanggup untuk menjadi sebuah mobil balap kompak.

Tentu saja apresiasi besar patut kita berikan kepada para engineer di Research and Development dari PT Astra Daihatsu Motor, yang berani berkreatifitas menciptakan sebuah mobil konsep yang sangat advance dari segi teknis hingga ke segi penampilan. Semoga langkah yang dilakukan Daihatsu ini turut memacu kreatifitas para engineer di Indonesia untuk mulai berani menciptakan pendekatan kreatifitas yang cukup advance layaknya Daihatsu Ayla Turbo Concept 2018.

Author: jordan smith