BMW X5 2018

BMW X5 2018

Terhitung sejak tahun 1999, BMW membuka segmen kendaraan bergenre Sport Activity Vehicle (SAV). Blueprint SAV sangatlah jelas, yakni mobil berpenampilan maskulin dan performa mumpuni di medan tangguh, serta tetap mempertahankan karakteristik premium dan sensasi berkendara dinamis khas BMW pada umumnya. Dan BMW X5 adalah pelopor dari ‘blueprint’ tersebut.

Seiring berjalannya waktu, BMW X5 terus mengalami peningkatan yang ditandai oleh kode produksi E53 (1999-2006). E70 (2006-2013), F15 (2013-2018), dan generasi terbaru All-New BMW X5 (G05) yang akan mulai dipasarkan secara global per November 2018 mendatang.

Makna ‘Evolusi’ rasanya tepat untuk menggambarkan All-New BMW X5 2018. Membawa karakter desain yang terinspirasi oleh BMW X7 Concept dan generasi terbaru BMW X3, All-New BMW X5 2018 mengedepankan pendekatan desain tangguh, lebih atletis serta membawa fitur-fitur modern.

Secara postur bodi, generasi keempat BMW X5 berbasis BMW CLAR (Cluster Architecture) platform ini memiliki bodi yang seolah baru saja mendapat suntikan steroid. Soalnya, kini All-New BMW X5 2018 bertambah panjang 36 mm (4.922 mm), 66 mm lebih lebar (2.004 mm), lebih tinggi 19 mm (1.745 mm), serta wheelbase lebih panjang sekitar 42 mm (2.975 mm) dari BMW X5 (F15) sebelumnya.

Secara global, All-New BMW X5 2018 hadir dalam dua versi trim, yakni xLine dan M Sport Package. Perbedaan di antara kedua trim ini lebih bersifat kosmetik, namun tetap saja ubahan pada All-New BMW X5 2018 lebih signifikan dan lebih menarik untuk kita ulik lebih dalam di review profil dari cintamobil.com ini.

Fascia depan All-New BMW X5 2018 terasa lebih atletis dan sporty, khususnya kala melihat lekuk kap mesin yang lebih ‘berotot’ dipadukan sepasang kidney grille khas BMW yang kini proporsinya lebih dominan di area bumper. Grille ini sendiri dibekali active air flaps yang bisa membuka-menutup secara otomatis, sehingga bisa mendukung aliran udara masuk ke dalam mesin lebih mudah maupun turut mendongkrak sisi aerodinamika saat dalam kondisi tertutup.

Detil tak kalah menarik adalah redesain headlight yang kini dirancang lebih sporty dan lebih pipih. Teknologi pencahayaan All-New BMW X5 2018 dalam kondisi standar menggunakan BMW LED Headlight, namun tersedia opsi BMW Laserlight dan Adaptive LED Headlights yang memiliki range pencahayaan mencapai 500 meter. Adapun lampu Daytime Running Light disematkan pada air scoop samping.

Sisi atletis All-New BMW X5 2018 lebih dominan terasa di area samping. Garis siluet bodi dari fascia depan seolah mengalir tegas dan lekuk garisnya meninggi hingga ke buritan belakang, sehingga menambah karakter modern sekaligus sporty pada generasi keempat BMW X5.

Bicara soal karakter sporty, rasanya salah satu pendongkrak karakter ini ditunjang oleh pemilihan desain velg yang tepat. BMW sendiri membagi pilihan velg yang berbeda di All-New BMW X5 2018, dimana untuk versi trim xLine akan menggunakan velg 19-inci light-alloy, sedangkan trim M Sport Package menggunakan 20-inch M Twin Spoke light-alloy.

Melirik area belakang All-New BMW X5 2018, tersaji desain taillight yang sepenuhnya baru. Desainnya pipih dan terkoneksi oleh garis desain diagonal, sehingga memberikan kesan berotot pada taillight berteknologi LED ini.

Oh ya, sama seperti BMW X5 generasi pendahulunya, All-New BMW X5 2018 memiliki pintu pintu bagasi model twin-tailgate, dimana proses buka tutup pintu tersebut bisa dioperasikan secara otomatis apabila menggunakan fitur Comfort Access.

Agak bergeser ke area bawah, kini BMW melakukan redesain signifikan pada tuas transmisi sekaligus area di sekitarnya. Dari mode berkendara Driving Experience Control, iDrive Controller, hingga ke kontrol seputar suspensi dan tombol start-stop engine ditempatkan di area konsol tengah di dekat tuas transmisi.

Tuas transmisi All-New BMW X5 2018 juga mengalami perubahan, dimana desain tuas transmisi kini terlihat lebih elegan karena mengadopsi ‘crafter clarity’ glass aplication. Dan secara desain bentuknya agak mengingatkan tim cintamobil.com pada bentuk desain tuas transmisi BMW M5 (F90) yang belum lama ini dirilis secara global.

Secara garis besar, ubahan-ubahan ‘zaman now’ pada All-New BMW X5 2018 jelas memberikan nafas baru pada sang pionir SAV. Baik fitur yang jaulh lebih modern, interaksi teknologi lebih masif di dalam kabin, hingga dalam urusan performa juga menjanjikan pengalaman yang lebih asyik baik di jalan aspal maupun off-road sekalipun.

Namun apakah semua ubahan ini bisa menjadi senjata yang tepat untuk mempertahankan posisinya di pangsa pasar segmen SUV premium? Well, rasanya jawaban ini akan tepat kita simpulkan setelah versi resminya datang ke Indonesia.

Mungkin Anda Menyukai