BMW Seri 3 2019

BMW Seri 3 2019

BMW Seri 3 2019 merupakan bagian ketujuh dari generasi mobil eksekutif kompak yang diproduksi oleh pembuat mobil Jerman sejak Mei 1975. Menjadi penerus seri 02, generasi pertama dari Seri 3 hanya tersedia sebagai sedan 2 pintu. Namun jangkauan modelnya telah diperluas hingga mencakup sedan 4 pintu, konvertibel 2 pintu, coupé 2 pintu, wagon 5 pintu, hatchback 5 pintu untuk Gran Turismo serta hatchback 3 pintu. Sejak 2013, model coupé dan konvertibel telah dipasarkan sebagai Seri 4.

Seri 3 adalah model terlaris BMW. Terhitung sekitar 30% dari total penjualan tahunan merek BMW (tidak termasuk sepeda motor) adalah seri 3. Bahkan setelah 43 tahun, BMW Seri 3 telah memenangkan banyak penghargaan sepanjang sejarahnya. Memiliki reputasi yang tak tertandingi untuk kualitasnya, Seri 3 telah menjadi penantang segmen menengah premium.

Berani adalah istilah yang kreatif untuk menggambarkan eksterior BMW 3 Series 2019. Secara keseluruhan bagian luar mendapatkan inovasi yang lebih lembut dibandingkan generasi keenam yang bertahan selama tujuh tahun. Beberapa perbedaan terlihat dalam detail kendaraan.

Namun versi ketujuh generasi G20 ini dikatakan 55 kg lebih ringan dibandingkan 3 Series terakhir. Pengurangan 15 kg didapatkan dari pemasangan kap dan sayap depan berbahan alumunium. Menggunakan alumunium untuk struts suspensi depan dan subframe mesin telah memangkas 7.5 kg. Sedangkan kekakuan naik antara 25% hingga 50% untuk seluruh mobil.

Jika melihat eksterior depan BMW 3 Series 2019, lampu depan yang sangat tipis sekarang memiliki lekukan ke arah pelek yang lebih rendah. Bonnet memiliki empat garis kontur yang mengarah ke gril depan BMW. Lampu depan kembar yang khas dibuat lebih ‘marah’ menampilkan kesan tegas mengapit gril depan yang masih dipertahankan.

Eksterior samping BMW 3 Series 2019 mengadopsi gaya dari generasi terbaru yang lebih panjang 85 mm dan 16 mm lebih lebar dibandingkan 3 Series terakhir. ‘Kegemukan’ tidak mampu menyamarkan wheelbase 41 mm lebih panjang dan membebaskan ruang kabin lebih besar dibandingkan beberapa seri pendahulunya.

Berlalu ke sisi belakang, eksterior belakang BMW Seri 2019 kini menampilkan area fender yang lebih melengkung, serta lekuk tutup bagasi jauh lebih terpahat. Sedangkan lampu belakang terlihat lebih tipis dan horizontal dibandingkan generasi sebelumnya, menambahkan desain yang lebih tegas.

Di bagian dalam, BMW berhenti mengutak-atik tema desain tahun 1990-an dan pergi mengejar Audi dan Mercedes yang sukses memberikan suasana modern yang elegan. Interior BMW 3 Series 2019 terlihat mirip dengan yang ditampilkan di mobil sport Z4 terbaru, dengan panel instrument terintegrasi dengan layar infotainment.

Dasbor All New BMW 3 Series mendapatkan layar instrument digital 12,3 inci yang terletak rata dengan konsol iDrive layar lebar. Tombol-tombol logam menambahkan sentuhan berkelas. Berbeda dengan desain lama, konsol tengah sepenuhnya mendapatkan konsep ulang dari BMW.

Di antara kursi, di samping tuas persneling baru yang lebih gemuk, adalah rumah baru untuk tombol start mesin serta tombol mode untuk pengaturan pengemudian yang berbeda. Sedangkan instrumen cluster terbaru menawarkan desain baru dan ada sejumlah paket trim yang tersedia.

Peningkatan kecil dalam dimensi eksterior tidak berarti lebih banyak ruang di dalam mobil. BMW beralasan jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda bisa membeli BMW 5 Series. Akibatnya interior masih berukuran sama dengan rasio ruang depan dan belakang yang sama.

Kepraktisan dan kegunaan telah ditingkatkan. Meskipun kursi belakang sekarang dibagi 40/20/40 sebagai standar. Ukuran sama dengan generasi sebelumnya, tetapi ada penambahan hingga lima port USB untuk teman perjalanan Anda.

Fitur BMW 3 Series 2019 mendapatkan lebih banyak teknologi yang ditanamkan, tentu saja jika dibandingkan dengan versi lama yang sudah berumur tujuh tahun. Fitur dalam mobil secara signifikan mendapatkan tambahan teknologi standar, termasuk kamera mundur, lampu LED, AC tiga zona, dan cermin pintu yang bisa dilipat.

BMW akan mengikuti permainan Mercedes dengan menggunakan fitur suara “Hey” dengan sistem asisten kendaraan baru. Setelah mengucapkan “Hey BMW”, Perusahaan mengatakan bahwa “Asisten Personal Cerdas BMW akan mempelajari rutinitas dan kebiasaan pengemudi, kemudian menerapkannya dalam konteks yang sesuai.”

Inovasi BMW termasuk BMW Laserlight dan asisten kontrol Kemudi dan jalur, yang akan diperkenalkan juga untuk model terbaru BMW. Fitur keselamatan aktif BMW 3 Series 2019 akan mendapatkan Reversing Assistant, yaitu teknologi yang akan mengambil alih kemudi ketika mundur di area yang sempit dimana jarak pandang terbatas.

Selain itu, BMW juga menanamkan teknologi parkir tanpa sopir jarak jauh. Pengemudi bisa membuka kunci mobil dengan aplikasi smartphone (selama itu Samsung Galaxy) dan BMW akan mengontrol gerakan mobil untuk menarik 3 Series menuju tempat parkir.

Untuk bagian dapur, tidak seperti merek lainnya, BMW memberikan kebebasan bagi pemilik untuk memilih tipe mesin yang ingin digunakan. BMW 3 Series 2019 yang menawarkan tipe bensin, diesel dan listrik, pemilik bisa mencari kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Masih banyak yang akan diberikan oleh BMW untuk 3 Series ke depannya. Termasuk model mesin tiga silinder ultra hemat, sepasang hibrida plug-in, bahkan mungkin 3 Series listrik penuh yang pertama dari BMW. Tapi tentu saja jika Anda ingin untuk membeli mobil ini, Anda harus menunggu sedikit lebih lama karena BMW menjelaskan bahwa mereka akan meluncurkan BMW 3 Series 2019 pada Maret tahun depan.

Mungkin Anda Menyukai