Audi Q8 2019

Audi Q8 2019

Tren desain mobil yang memadukan dua tema desain rasanya masih menjadi pendekatan desain favorit di dunia otomotif global. Banyak pabrikan otomotif mencoba melakukan ‘fusion’ desain mobil, dimana seringkali merupakan perpaduannya antara sedan dan coupé atau suv dan coupé.

Contohnya Audi, yang memiliki portofolio mobil berdesain ‘fusion’ seperti Audi A7 Sportback (Sedan & Coupé), dan model terbaru Audi Q8 2019. Model tertinggi di keluarga Audi Q yang mengisi segmen SUV ini memadukan fleksibilitas dan ketangguhan khas SUV, namun tetap dirancang eksotis karena dipadukan unsur 4-door luxury coupé.

Memiliki postur bodi 4.986 mm (panjang) x 1.995 mm (lebar) x 1.705 mm (tinggi), Audi Q8 2019 merepresentasikan pendekatan desain baru yang dinamis nan progresif dari Audi untuk keluarga Q. Didukung basis platform Audi Space Frame (ASF), Audi Q8 2019 tak hanya memungkinkan desainer Audi memberikan ‘jubah’ yang menarik, tapi tetap bisa menyajikan sisi rigiditas bodi yang sesuai dengan karakter berkendara tangguh khas model Audi Q.

Melihat sekilas tampak depan Audi Q8 2019, ada nuansa desain yang baru dan unik dari pabrikan asal Ingolstadt, Jerman. Ya, Audi Q8 2019 bisa dibilang sebagai pelopor desain grille singleframe dengan lekuk oktagonal (segi delapan) dan enam garis sirip vertikal , yang akan menjadi wajah baru di model Audi Q kedepannya.

Dipadukan dengan desain headlight pipih berteknologi HD matrix LED technology, terdapat sebuah aksen panel yang membuat desain antara Headlight dan grille singleframe terasa serasi. Di bawahnya pun hadir air inlet yang selain berfungsi sebagai fitur aerodinamika mobil, namun juga memberikan karakter tegas di area depan Audi Q8 2019.

Salah satu keunikan dan kecerdasan engineering Audi terbukti di area samping eksterior Audi Q8 2019. Secara mengejutkan Audi bisa merancang roofline yang cukup landai bak sebuah coupé, namun di sisi lain ia bisa membuat mobil ini tanpa hadirnya pilar C. Hal ini disebabkan konstruksi ASF dirancang dengan pilar D yang tebal dan kokoh, sehingga membuat pilar C tidak diperlukan, dan efeknya menjadikan area kaca mobil frameless ini terlihat lebih cantik.

Demi mempertegas karakter tangguh dari SUV ini, desainer Audi banyak memberikan guratan desain dan lekukan bodi yang menonjolkan garis bahu bodi dan area fender ban. Pada area ban dipilih velg 22 inci berlapis ban berprofil 285/40 R22 yang sukses menyatu dengan desain keseluruhan Audi Q8 2019.

Area dashboard Audi Q8 2019 hadir dengan pendekatan simplisitas, dimana Anda akan sangat sedikit berinteraksi dengan tombol fisik karena semua sudah dikemas ke dalam tombol virtual nan cerdas. Kisi-kisi AC dirancang dalam 3 garis strip yang terintegrasi dari sisi pengemudi hingga penumpang dengan berbalut aksen chrome dan aluminium.

2 layar sentuh MMI Touch Response hadir di area central console dan dirancang selaras dengan panel dashboard berkelir black. Menariknya, saat mobil dimatikan layar sentuh digital tersebut akan menjadi hitam, yang mengakibatkan seluruh area dashboard mobil berubah menjadi bak sebuah furniture premium yang memikat mata.

Audi Q8 2019 saat ini hanya tersedia dalam tipe 50 TDI yang menggunakan mesin diesel 3.0 liter V6 TDI bertransmisi 8-percepatan Tiptronic, dan pastinya menggunakan sistem penggerak permanent all-wheel drive ikonik Audi Quattro dengan membagi tenaga ke roda depan dan belakang secara asimetris dengan perbandingan 40:60 dalam kondisi berkendara normal. Hasilnya, berdasar klaim Audi Q8 2019 mampu menyelesaikan kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,3 detik dan top speed hingga 245 km/jam.

Kedinamisan berkendara menjadi value utama yang disampaikan Audi melalui model tertinggi di keluarga Audi Q ini. Mau diajak off-road atau sekedar berkendara melewati jalanan urban, Audi Q8 2019 sanggup melakukan hal tersebut dengan mudah beradaptasi dan tetap bisa asyik dikemudikan. Apalagi penggunaan mild hybrid juga turut mendukung mendukung efisiensi berkendara lebih baik.

Dengan sentuhan styling coupé yang berhasil memberikan sentuhan eksotis, plus pendekatan Audi yang banyak menjejali fitur berteknologi tinggi di model akhir-akhir ini, bukan tidak mungkin Audi Q8 2019 bisa menjadi salah satu SUV terbaik di tengah tren SUV Coupé-esque yang sedang mewabah di industri otomotif global saat ini.

Mungkin Anda Menyukai