Audi PB18 e-tron Concept 2018

Audi PB18 e-tron Concept 2018

Audi PB18 e-tron Concept 2018

Audi PB18 e-tron Concept 2018

Audi PB18 e-tron Concept 2018 – Bisa dibilang saat ini (hampir) seluruh dunia percaya bahwa elektrifikasi merupakan “jalur utama” menuju masa depan berkendara. Terlepas adanya pro dan kontra, serta masih belum sempurnanya teknologi baterai. Salah satu produsen meyakini arah ini adalah Audi.

Apalagi, belum lama ini Audi dan seluruh VAG terkena skandal ‘Diesel-gate’, yang membuat mereka butuh image positif arah dan strategi masa depan perusahaan. Dan pilihan paling tepat merebut kembali hati publik adalah fokus pada teknologi motor listrik.

Inisiatif mobil listrik Audi sebetulnya sudah dirintis sejak 2009 silam melalui konsep Audi e-tron yang tampil di Frankfurt Motor Show. Sejak saat itu, e-tron pun menjadi istilah resmi bagi sistem penggerak Audi menggunakan unsur listrik, termasuk teknologi hybrid.

Jika dilihat sekilas, penampilan eksterior Audi P18 e-tron agak menyerupai Audi e-tron Vision Gran Turismo yang diperkenalkan beberapa waktu silam. Ia memiliki dimensi tipikal sports car dengan panjang 4,53 m, lebar 2 m dan tinggi 1,15 m. Meski pun hadir dengan motor listrik ditempatkan di roda, komposisi desainnya memiliki arsitek ala sports car mesin tengah tradisional.

Melihat penampilan depan, tampak desain familier mata sipit dan gril heksagonal raksasa seperti terdapat pada supercar Audi R8. Terdapat lubang besar sepanjang sisi gril yang berfungsi mengalirkan udara pendingin ke rem dan motor elektrik depan. Lampu depan telah menggunakan teknologi digital matrix terintegrasi dan lampu laser.

Kalau mau jujur, siluet samping Audi PB18 e-tron agak diluar kebiasaan. Jika umumnya sports car memiliki siluet pipih seperti tetesan air, profil atap Audi PB18 e-tron dibuat mendatar nyaris rata, untuk kemudian sisi belakang “terjun bebas” memberikan aksen shooting brake. Pelek raksasa 22-inci memperkuat kesan agresif bahwa ini bukan sports car ecek-ecek.

Baca Artikel Lainnya : Toyota 86 2017 Indonesia

Dengan ekor berdesain ala-ala shooting brake, penampilan Audi PB18 e-tron dari belakang tidak seindah umumnya sports car. Namun semua ini akan luntur begitu melihat spoiler atapnya terbuka. Juga, terdapat diffuser belakang yang terinspirasi dari arena balap.

Fitur terunik dari Audi PB18 e-tron adalah kemampuannya menghadirkan sensasi mengemudi ala mobil balap LMP1 (Le Mans Prototype). Pada mobil LMP1 seperti Audi R18, pembalap duduk persis di tengah layaknya single seater. Sensasi inilah yang bisa dirasakan pengemudi Audi PB18 e-tron quattro dengan menggeser monokok kursi ke tengah. Kehadiran sistem by-wire membuat kokpit tidak memerlukan hubungan mekanis bagi setir dan pedal-pedal.

Sebagai visi mobil sport masa depan, Audi PB18 e-tron quattro dilengkapi sejumlah fitur penunjang pengendaran. Spoiler belakang dan diffuser, bisa dinaik-turunkan secara mekanis. Dengan spoiler terangkat, tak hanya memberikan downforce saat melaju dalam kecepatan tinggi, juga memberikan penampilan keren sports car sejati.

Terdapat tiga motor listrik berdaya kuat yang menjadi inti operasi Audi PB18 e-tron Concept 2018. Satu ditempatkan di depan dan dua di belakang, masing-masing memutar roda belakang. Gabungan tiga motor memberikan daya sebesar 500 kW dan torsi 830 Nm. Cukup membawa Audi P18 e-tron Concept 2018 seberat 1,5 ton dari keadaan diam ke 100 km/jam dalam 2 detik.

Kehadiran motor pada masing-masing roda juga dimaksudkan untuk memberikan unsur sportif pada pengendaraan. Sistem Torque Control Manager secara aktif mendistribusikan torsi ke poros depan atau belakang sesuai kebutuhan.

Melihat kecanggihan terkandung di dalam Audi PB18 e-tron Concept 2018, rasanya sosok satu ini tidak akan masuk jalur produksi. Meski begitu, bisa dipastikan bahwa sejumlah teknologi hadir pada sosoknya akan diaplikasikan pada model produksi.

Termasuk model penerus Audi R8. Namun jika diproduksi, bisa dipastikan Audi PB18 e-tron Concept 2018 akan menjadi salah satu sports car terunik ada di pasar. Memiliki desain keren, sensasi mobil balap, dapur pacu ramah lingkungan dan unsur kepraktisan ala mobil sehari-hari.